Artikel Biologi Laut

oleh -217 views
Eris-Fianty

Penulis : Eris Fianty

Nim : 160254244026 Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH)


BIOLOGI laut adalah kajian tentang kehidupan, dan organisme hidup, termasuk struktur, perkembang biakan, fungsi, pertumbuhan, evolusi, persebaran dan toksonomi. Dalam biologi, banyak filum, keluarga dan genera memiliki beberapa spesies yang hidup di laut dan lainnya yang hidup di darat, biologi kelautan mengklasifikasikans pesies berdasarkan lingkungan dari pada taksonomi.

Dalam biologi laut secara umum hamper sama dengan biologi pada umumnya. Secara khusus, kajian difokuskan untuk mempelajari kehidupan makhluk hidup yang seluruh atau sebagian kehidupannya berada di dalam air laut.

Pada bagian laut yang paling dalam sekalipun dengan kedalaman (300 m di bawah permukaan laut), karena sinar matahari tidak bisa menembus pada kedalam tersebut. Kelompok makhluk hidup yang paling kecil sampai yang paling besar.

Biologi laut adalah subjek hibrida yang menggabungkan aspek fungsi organisme, interaksi ekologis, dan studi keanekaragaman hayati laut. Pengamatan pertama yang dicatat tentang distribusi dan kebiasaan kehidupan laut dilakukan oleh Aristoteles (384-322 SM).

Individu yang berkontribusi secara signifikan pada kumpulan pengetahuan ini termasuk Kapten James Cook (1728–1779), Charles Darwin (1809–1882) dan Wyville Thomson (1830–1882). Pemahaman tentang kehidupan diawali dengan proses fotosintesis yang memerlukan cahaya matahari, air dan karbondioksida.



Fotosintesis adalah suatu proses biokimia pembentukan karbohidrat dari bahanan organik yang dilakukan oleh tumbuhan, terutama tumbuhan yang mengandung zat hijau daun, yaitu klorofil. Selain yang mengandung zat hijau daun, ada juga makhluk hidup yang berfotosintesis yaitu alga, dan beberapa jenis bakteri dengan menggunakan zat hara, karbon dioksida, dan air serta dibutuhkan bantuan energy cahaya matahari. Terdapat lima kingdom yang perlu kita ketahui yaitu monera, protistas, plantae, animalia dan fungi.

Kingdom menore adalah mahkluk hidup yang terdiri dari satu sel (uniseluler) yang menempati habitat ekstrim yang tidak dapat di huni oleh makhlu khidup lain. Anggota monera adalah prokariotik (tidak memiliki intis el) dan eukariotik (sudah memiliki membraninti). Cara reproduksi monera bisa aseksual maupun seksual. Kingdom ini dibagi menjadi dua divisi yaitu eubacteria dan archae bacteria.

Kingdom protista adalah mikro orgaisme eukariotik yang dibagi kedalam tigak lasifikasi yaitu protozoa (protestas mirip hewan), algae (protistas mirip tumbuhan) dan protista mirip jamur atau fungi. reproduksi protista secara seksual (Konjugasi) dana seksual (Biner).

Kingdom plantae adalah jenis tumbuhan, di bidang kelautan jenis tumbuhannya yaitu mangrove, lamun dan rumput laut. Mangrove dan lamun merupakan tumbuhan tingkat tinggi karena sudah memiliki akar, batang, daun, bunga dan buah. Sedangkan ruput laut merupakan tumbuhan tingkat rendah karena tidak memiliki akar, batang, daun, bunga dan buah.

Reproduksi secara generative dan vegetativf Kingdom animalia adalah klasifikasi taksonomi organisme yang tidak memiliki dinding sel serta kloroplas yang sangat tergantung pada organism lain untuk makanan. Organisme yang tergolong dalam kingdom animalia adalah eukariotik.

Klasifikasi kingdom animalia yaitu vertebrata (tidak memiliki tulang belakang) seperti porifera, Coelenterata, Plathyhelminthes, Nemathelminthes, Annelida, Mollusca, Arthropodadan Echinodermata. Invertebrate (memilikitulangbelakang) sepertipisces, amfibi, reptil, aves dan mamalia.

Ciri-ciri kingdom animalia sebagai berikut:

  1. OrganismeMultiseluler (banyaksel) atauuniseluler
  2. Memerlukan Oksige
  3. Tidak bisamem produksi makanan sendiri (Heterotrof)
  4. memiliki sel otot untuk penggerak dan selsara funtuk rangsangan (respon)
  5. Bentuk dewasanya selalu diploid (2n)
  6. Reproduksi Umumnya Seksual, namun beberapa filumjugamenggunakan reproduksi aseksual. Ukuran bervariasi (mikro – makrobesar)
  7. Tidakmempunyai dindi ngsel
  8. Tida kberplastidadanklorofil (heterotrof)
  9. Mahluk eukariotik (intiditutupimembran)
  10. Bergerakaktif
  11. Meresponrangsangandengancepat

Kingdom fungi adalah sekelompok makhluk hidup eukariotik heterotrop yang mencernamakanannya di luar tubuh lalu menyerap molekul nutrisi kedalams el-selnya. Nama lain dari fungi biasanya dikenal dengan cendawan, jamur, kapang, khamir dan ragi, fungi bereproduksis ecara seksual yaitu hifa yang berbeda melebur ke mudian membentuk zigot dan aseksual yaitu membentuk spora bertunasat au fragmentasihifa. Fungi diklasifikasikan menjadi lima kelas yaitu Zygomycetes, Ascomycetes, Basidiomycetes, Deuteromycetes, Lichenes. (KP).


Kiriman Pembaca koranperbatasan.com, Senin, 16 Desember 2019


 


Memuat...