Anggaran Pembangunan Sarana Prasarana Sekolah di Anambas Berkurang

Terbit: oleh -5 Dilihat
Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kepulauan Anambas, Toni Karnain.

ANAMBAS – Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Anambas (Anambas) pada tahun 2023 mendapat alokasi proyek pembagunan sarana dan prasarana sekolah bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar Rp8 milyar. Jumlah ini menurun drastis dibandingkan tahun 2022 lalu mencapai Rp21 milyar.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Kadisdikpora) Anambas, Toni Karnain menyebut jumlah dana DAK tersebut diperuntukkan untuk pembangunan sarana dan prasarana pendidikan pada jenjang TK-PAUD, Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP).

“Untuk dana DAK pendidikan pada tahun 2023 ini ada sekitar Rp8 milyar,” terang Tony saat dikonfirmasi di Tarempa, 11 Januari 2023.

Kata Toni, lokasi pembangunan sarana dan prasarana sekolah di Anambas melalui DAK yaitu, TK Negeri 3 Palmatak dan TK Anugrah Swasta. Kemudian untuk SD yakni SDN 003 Mengkait, SDN 003 Antang dan SDN 003 Bukit Padi.

Sedangkan untuk SMPN hanya dialokasikan pada dua sekolah saja, yakni di SMPN 2 Mengkait dan SMPN 1 Siantan. Dari sejumlah sekolah itu, dirinya menyebut sarana dan prasarana pembangunan sekolah di Anambas masih terbilang kurang, sebab Anambas merupakan wilayah perbatasan.

“Ada sebanyak 60 sekolah dasar yang patut diperhatikan serius untuk menunjang pendidikan yang lebih optimal,” pungkasnya. (KP).


Laporan : Azmi Aneka Putra


 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *