Bupati Abdul Haris Membuka STQH Ke-VIII Kecamatan Siantan Selatan

Terbit: oleh -20 Dilihat
Bupati Anambas Abdul Haris, SH, MH memukul gong pembukaan STQH Ke VIII Tingkat Kecamatan Siantan Selatan di Desa Air Bini Selasa, 21 Februari 2023.

ANAMBAS – Bupati Kepulauan Anambas Abdul Haris, SH, MH secara resmi membuka kegiatan Seleksi Tilawatil Qur’an Hadits (STQH) Ke-VIII Tingkat Kecamatan Siantan Selatan di Desa Air Bini Selasa, 21 Februari 2023.

Pembukaan kegiatan itu ditandai dengan pemukulan gong oleh Bupati Anambas, Abdul Haris disaksikan oleh Staf Ahli Bidang Sosial Kesejahteraan Rakyat dan Pengembangan Sumber Daya Manusia, Akmaruzzaman, para Forkopimda, perwakilan instansi vertikal, Camat Siantan Selatan, Sekretaris Camat Siantan Selatan, Kepala Desa se-Kecamatan Siantan Selatan serta perangkat desa, dan para juri maupun masyarakat Siantan Selatan yang hadir pada acara tersebut.

Dalam sambutannya Bupati Anambas Abdul Haris menyampaikan STQH Ke-VIII merupakan suatu ajang untuk bagaimana kita menseleksi para peserta mulai dari desa kecamatan, kabupaten dan bahkan tingkat nasional.

“Sebenarnya seleksi ini selain kita mencari bibit-bibit yang baik untuk dipertandingkan di tingkat-tingkat selanjutnya, namun STQH merupakan media untuk menghasilkan peserta terbaik dalam pertandingan baik dalam tingkat kabupaten kedepannya ataupun tingkat nasional,” terang Abdul Haris.

Kata Abdul Haris kegiatan-kegiatan seperti inilah yang mendorong dan memotivasi mereka agar menjadi anak-anak yang berakhlak baik dan mempunyai pemahaman baik tentang Al-Quran dan Hadits.

“Dengan banyaknya antusias peserta STQH ini menjadikan tugas dan tanggung jawab kita semua dalam mendukung generasi kita dan STQH ini yang intinya mensyiarkan agama melalui Al-Qur’an dan Hadits. Intisari kalau menurut saya Al-Qur’an menjadi suatu pedoman dan  kita sebagai orang tua harus mendalami dan mempelajari apa isi Al-Qur’an dan mengamalkannya. Makanya STQH ini sebagai wadah dalam mempelajari Al-Qur’an tersebut baik dari sisi cara membaca, tilawah dan lain sebagainya,” ungkap Abdul Haris.

Menurutnya, Kecamatan Siantan Selatan selaku tuan rumah melalui STQH harus bisa menjadikan agar tidak ada lagi anak-anak generasi kita kedepannya yang buta Al-Qur’an.

Pada kesempatan yang sama, Camat Siantan Selatan Awaluddin Makrifatullah, S.Sos menyebut STQH juga merupakan kegiatan menjalin silaturahmi dan mensiarkan Islam menuju masyarakat yang Qur’ani atau masyarakat yang mencintai Al-Qur’an.

“Seleksi Tilawatil Qur’an dan Hadits ini merupakan kegiatan yang dilaksanakan setiap dua tahun sekali. Seleksi Tilawatil Qur’an ini mulai dari tingkat desa tingkat kecamatan dan tingkat kabupaten. Seleksi Tilawatil Qur’an yang Ke-VIII di Siantan Selatan dilaksanakan bertujuan memasyarakatkan Al-Qur’an dan menjadikan masyarakat Siantan Selatan yang memilki akhlak mulia menjadikan Al-Qur’an sebagai pondasi diri bagi kehidupan sehari hari,” tutur Awaluddin Makhrifatullah.

Pelaksanaan seleksi ini lanjut Awaluddin Makhrifatullah adalah bentuk aktualitas pembangunan jati diri menuju insan yang qur’ani. Karena dalam membangun desa kita ini tentunya mulai dari membangun diri dengan Al-Qur’an sehingga akan melahirkan sumber daya manusia yang mempunyai disiplin ilmu dan pemikiran berinovasi.

Menurutnya, adu dua hal yang penting yang menjadi perhatian kita yang tidak boleh kita lewatkan yaitu partisipasi dan prestasi. Partisipasi yaitu keikutsertaan atau keterlibatan desa dalam rangkaian kegiatan Seleksi Tilawatil Qur’an dan Hadits ini yang dapat dimaknai seberapa besar kualitas qori, qoriah, hafiz, hafizah yang diikutsertakan.

“Prestasi hasil yang diperoleh dari usaha dan kerja keras upaya yang dilakukan desa dalam pendidikan Al-Qur’an, tentunya partisipasi dari setiap desa penting dalam pelaksanaan Seleksi Tilawatil Qur’an. Kepada peserta yang kami banggakan kami mengucapkan selamat dan tetap semangat,” tegas Awaluddin Makhrifatullah.

Peserta STQH Ke-VIII Tingkat Kecamatan Siantan Selatan adalah sebanyak 30 peserta terdiri dari Desa Kiabu 6 orang utusan, Desa Telaga 3 utusan, Desa Telaga Kecil 5 utusan, Desa Lingai 4 utusan, Desa Tiangau 5 utusan, dan Desa Air Bini 7 orang utusan. (KP).


Laporan : Azmi Aneka Putra

Kontributor : Diskominfo Anambas


 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *