Bupati dan Wabup Anambas Membuka Musrenbang Kecamatan Siantan

Terbit: oleh -16 Dilihat
Bupati Anambas Andul Haris didampingi Wabup Anambas Wan Zuhendra saat membuka secara resmi kegiatan Musrenbang Kecamatan Siantan, Jum'at, 10 Februari 2023.

ANAMBAS – Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas, Abdul Haris, SH,MH didampingi Wakil Bupati (Wabup) Anambas Wan Zuhendra membuka secara resmi Musrenbang RKPD Tingkat Kecamatan Siantan, Jum’at, 10 Februari 2023, di Ruang Rapat Kantor Camat Siantan.

Turut hadir para perwakilan Forkopimda, Wakil Ketua DPRD Anambas, Anggota DPRD Anambas, Kepala Dinas, Sekretaris Dinas, Perwakilan dari OPD, Camat Palmatak beserta staf, serta kepala desa dan para perangkat desa.

Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Siantan ini dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun anggaran 2023 dimana pada hakikatnya untuk membahas dan menyepakati secara objektif hasil Musrenbang pada tingkat desa yang akan menjadi usulan prioritas pemerintah di wilayah Kecamatan Siantan.

Musrenbang tahun 2023 mengusung tema “Penguatan Sumber Daya Manusia, Ketahanan Ekonomi, Serta Pengembangan Tata Kelola Pemerintahan yang Efektif, Efisien, dan Transparan”.

Bupati Anambas Abdul Haris dalam sambutannya menyampaikan pelaksanaan Musrenbang merupakan salah satu harapan bahwa perencanaan pembangunan harus disesuaikan dengan kebutuhan dan prioritas untuk masyarakat, serta merupakan tahapan dalam merancang persiapan program pembangunan di Kabupaten Kepulauan Anambas setiap tahunnya.

“Rekapan permanen dari hasil Musrenbang di tingkat desa ke tingkat kecamatan sampai ketingkat kabupaten, provinsi dan pusat. Akan tetapi kadang tidak sesuai harapan karena beberapa faktor yang salah satunya anggaran,” ungkap Abdul Haris.

Kata Abdul Haris, Musrenbang ini merupakan salah satu dari pada langkah kita membahas APBD di tingkat kecamatan. Dimana musyawarah ini salah satu komitmen untuk mengatur, mengajukan dan membahas pembangunan disuatu wilayah/tempat itu sendiri.

Menurut Abdul Haris, apa yang menjadi kebutuhan dan kepentingan baik itu strategis maupun non strategis dimana acuannya adalah RPJMD Kabupaten yang sudah diperdakan dan dituangkan dalam sebuah dokumen dan ini adalah alur-alur yang harus kita kiblati dan patuhi.

“Selain itu sumber daya manusia juga mempengaruhi percepatan, capaian dan progress dalam pembangunan itu sendiri, maka salah satu penurunan angka stunting juga berpengaruh untuk kualitas sumber daya manusia di Kabupaten Kepulauan Anambas,” terang Abdul Haris.

Lebih jauh Abdul Haris berharap kepada kepala desa dan masyarakat agar mengajukan rencana pembangunan sesuai dengan RPJMD yang telah disahkan bersama DPRD.

“Dan itulah kiblat dalam pmbangunan agar tidak melenceng dan mendapatkan penilaian yang baik,” tuturnya.

Camat Siantan, Kaharuzaman, S.Sos mengatakan Musrenbang merupakan salah satu tahapan perencanaan untuk melaksanakan pembangunan baik ditingkat desa maupun ditingkat kecamatan.

“Dalam hal ini kami sampaikan bahwa kegiatan Musrenbang untuk tingkat desa dan kecamatan sudah kita selenggarakan mulai tanggal 31 Januari sampai dengan tanggal 6 Februari. Kegiatan Musrenbang pada hari ini diwakili oleh masing-masing desa yaitu terdapat 5 delegasi terdiri dari tokoh masyarakat, pemuda dan karang taruna,” tutupnya. (KP).


Laporan : Azmi Aneka Putra

Kontributor : Diskominfo Anambas


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *