Pimpin Rapat Evaluasi Percepatan Penurunan Stunting, Wabup Rodhial Minta Semua OPD Monitor Angka Capaian

Terbit: oleh -4 Dilihat
Wabup Natuna Rodhial Huda didampingi Sekda Natuna Boy Wijanarko Varianto, memimpin rapat rapat evaluasi laporan tim percepatan penurunan stunting di Ruang Rapat Lantai 2 Kantor Bupati Natuna, Jumat, 27 Januari 2023.

NATUNA – Wakil Bupati (Wabup) Natuna Rodhial Huda memimpin rapat evaluasi laporan tim percepatan penurunan stunting. Rapat evaluasi tersebut digelar di Ruang Rapat Lantai 2 Kantor Bupati Natuna, Bukit Arai Ranai, Jumat, 27 Januari 2023.

Wabup Natuna Rodhial Huda dalam sambutanya menyampaikan bahwa rapat ini adalah bagian evaluasi semester II, untuk melihat capaian Kabupaten Natuna dalam percepatan penurunan stunting.

“Stunting menjadi salah satu program prioritas pemerintah pusat yang disampaikan dalam rencana kerja nasional, sehingga ini harus menjadi perhatian seluruh OPD terkait untuk berpartisipasi dalam penurunan angka stunting di kabupaten melalui program masing-masing OPD,” ungkap Rodhial.

Kata Rodhial, terkait capain indikator yang belum memenuhi target, karena kendala tenaga penyuluh yang masih terbatas di desa-desa.

“Tentunya kendala tenaga penyuluh di desa-desa harus menjadi fokus dalam mendata beberapa indikator yang perlu dicapai. Sehingga bagaimana kita mendorong pembentukan tim terpadu yang memiliki fungsi pendataan, pelaksanaan sosialisasi dan terakhir pelaporan,” ujar Rodhial.

Wabup Natuna Rodhial Huda didampingi Sekda Natuna Boy Wijanarko Varianto, memimpin rapat evaluasi laporan tim percepatan penurunan stunting di Ruang Rapat Lantai 2 Kantor Bupati Natuna, Bukit Arai Ranai, Jumat, 27 Januari 2023.

Rodhial berharap masing-masing OPD dapat memonitor angka capaian indikator yang terkait dengan OPD-nya . Sehingga dengan sinergitas yang baik, program percepatan penurunan angka stunting dapat berjalan sesuai dengan target yang telah ditetapkan.

Pada kesempatan itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Sri Riawati dalam laporannya menyampaikan rapat evaluasi ini tim penurunan stunting mengukur capaian indikator penurunan percepatan stunting.

“Dalam evaluasi ini perlu kami sampaikan bahwa masih banyak indikator penurunan angka stunting yang belum memenuhi capaian target. Sehingga hari ini kami ingin meminta langsung penjelasan dari masing-masing OPD terkait capaian indikator yang telah ditetapkan, sehingga kita dapat bersama-mana berdiskusi untuk mencari solusi bagaimana target indikator dapat tercapai,” tutur Sri Riawati.

Sementera Kepala BP3D, Mustafa menyebutkan saat ini ada 64 indikator yang harus dicapai. Sehingga ini menjadi tantangan baru bagi tim penurunan stunting untuk bersinergi dari pemerintah daerah hingga menyasar kedesa desa.

Tim percepatan penurunan stunting Kabupaten Natuna berharap dapat memberikan usulan kepada pemerintah pusat terkait beberapa indikator yang tidak relevan dengan keadaan daerah di perbatasan. Sehingga capaian target dapat disesuaikan dengan keadaan daerah. (KP).


Laporan : @A12

Kontributor : Diskominfo Natuna


 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *