Sekda Boy Pimpin Rakor Pokjanal Posyandu Natuna

Terbit: oleh -2 Dilihat

NATUNA – Pemerintah daerah melakukan Rakor Pokjanal Posyandu Kabupaten Natuna, yang dipimpin langsung oleh Sekda Natuna Boy Wijanarko di ruang Rapat Bupati Natuna, Bukit Arai, Ranai, Rabu, 09 November 2022.

Pokjanal Posyandu (Kelompok Kerja Operasional Pembinaan Pos Pembinaan dan Pelayanan Terpadu) adalah kelompok kerja yang tugas dan fungsinya mempunyai keterkaitan dalam pembinaan penyelenggaraan pengelolaan Posyandu di kabupaten/kota.

Dalam Rakor tersebut Sekda Natuna, Boy Wijanarko menyampaikan bahwa rapat ini digelar dalam mengintegritaskan berbagai OPD dan instansi dalam pelaksanaan Pokjanal Posyandu.

“Kita percaya bahwa pelaksanaan ini pokjanal Posyandu tingkat kabupaten tidak dapat bekerja sendiri, namun harus ada partisipasi dari berbagai pihak untuk mensukseskan pelaksanaan Pokjanal Posyandu. Sehingga sinergitas masing-masing pihak sangat dibutuhkan, jadi nanti masing-masing OPD yang terlibat akan dijabarkan peran dan tugasnya sehingga kita berharap masing-masing OPD dapat memaksimalkan peran dan fungsinya,” jelas Boy Wijanarko.

Lanjut Boy Wijanarko, bagaimana masing-masing bidang yang telah ditunjuk dapat menindaklanjuti fungsinya dan memaksimalkan koordinasi dengan posyandu kecamatan.

” Saya berharap masing-masing OPD dan instansi dapat bersinergi dengan camat, karena camat biasanya yang menjadi koordinator pelaksanaan kegiatan, sekaligus melaporkan setiap kegiatan yang telah dilaksanakan sekaligus mengawasi dan memastikan setiap kegiatan berjalan sesuai dengan standar yang telah ditetapkan,” tambah Boy Wijanarko.

Acara dilanjutkan dengan diskusi dan dengar pendapat terkait program Pokjanal Posyandu Kabupaten Natuna. Ada beberapa hal yang menjadi pembahasan dalam rapat koordinasi tersebut :

  1. Bagaimana kegiatan posyandu tidak hanya bidang kesehatan namun lebih beragam sehingga masyarakat lebih banyak berpartisipasi dengan banyaknya kegiatan.
  2. Dinas Kesehatan gambaran kesehatan bayi dan balita di Kabupaten Natuna.
  3. Peran Posyandu tidak hanya untuk bayi dan balita, namun juga dimanfaatkan untuk kegiatan lansia.
  4. Kurang pemenuhan gizi seimbang untuk Posyandu kecamatan.
  5. Dalam bidang agama dibawah koordinasi oleh Kemenag, Posyandu melakukan pembinaan keluarga sakinah.
  6. Membangun Program Kampung Keluarga B
  7. Program Dapur Sehat Atasi Stunting untuk ibu hamil, menyusui dan balita.
  8. Posyandu memiliki peran yang besar dalam pembinaan massyarakat baik bidang kesehatan, pendidikan dan bidang lainnya.
  9. Posyandu belum memiliki pojok baca, Pojok baca memiliki peran meningkatkan kemampuan literasi masyarakat khususnya ibu dan anak usia dini.
  10. Penyedian sarana air bersih dan sanitasisanitasi (penyedian WC untuk masyarkat desa).

Ketua Penggerak PKK Kabupaten Natuna, Septi Dwiani Siswandi dalam sambutanya berharap kepada masing-masing kader dapat menjadi fasilitator perpanjangan tangan pemerintah kepada masyakat hingga ke desa desa.

“Kita berharap kepada semua pihak dapat memaksimalkan fungsinya tentunya dengan meningkatkan kualitas dan wawasan. Kita percaya kader yang berkualitas dapat menciptakan posyandu dan generasi yang berkualitas serta ibu dan bayi yang sehat,” ujar Septi Dwiani.

Septi Dwiani mengimbau kepada instansi terkait untuk menguatkan fungsi koordinasi kepada Kades, lurah dan camat. Dengan koordinasi baik program yang dijalankan dapat tersampaikan dengan baik dan berjalan sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan.

Pemerintah berharap dengan adanya rapat koordinasi ini, masing-masing kader yang bertanggung jawab dengan fungsi dan perannya. Sehingga Pokjanal Posyandu Kabupaten Natuna dapat memberikan manfaat bagi masyarakat. (KP).

 

Kontributor : Diskominfo Natuna

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *