Setelah Seluan, Bupati Natuna Kembali Resmikan Kecamatan Pulau Panjang

Terbit: oleh -10 Dilihat
Bupati Natuna Wan Siswandi didampingi Wakil Bupati Natuna Rodhial Huda, meresmikan Kecamatan Pulau Panjang, Minggu, 12 Februari 2023.

NATUNA – Bupati Natuna Wan Siswandi didampingi Wakil Bupati (Wabup) Natuna Rodhial Huda, meresmikan Kecamatan Pulau Panjang sebagai kecamatan terbaru di Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau. Peresmian tersebut berlangsung di Kantor Camat Persiapan Desa Pulau Panjang, Minggu, 12 Februari 2023.

Dalam laporannya Kepala  Bagian Tata  Pemerintahan, Izhar menyampaikan pembentukan Kecamatan Pulau Panjang telah melalui proses panjang dan kajian pemekaran yang dilakukan oleh Universitas Maritim Raja Ali Haji. Kecamatan ini terdiri dari dua desa, diantaranya Desa Pulau Panjang dan Desa Kerdau, dengan jumlah penduduk 853 jiwa.

“Terbentuknya Kecamatan Pulau Panjang tidak lepas dari dukungan berbagai pihak, termasuk rekomendasi yang diberikan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Natuna,” terang Izhar.

Pada kesempatan itu, Bupati Natuna Wan Siswandi yang meresmikan langsung Kecamatan Pulau Panjang, dalam sambutannya menyampaikan rasa bangga dan bahagia atas terbentuknya Kecamatan Pulau Panjang.

Bupati Natuna Wan Siswandi didampingi Wakil Bupati Natuna Rodhial Huda melakukan pemukulan gong peresmian gedung Kecamatan Pulau Panjang, Minggu, 12 Februari 2023.

“Ada beberapa hal yang perlu saya sampaikan, karena ini adalah kecamatan baru. Pertama adalah bagaimana pemerintah kecamatan dapat membangun infrastruktur yang memadai khususnya infrastruktur mendasar seperti jalan, listrik, gedung kecamatan dan infrastruktur lain yang dapat mendukung roda pemerintahan,” jelas Wan Siswandi.

Kata Wan Siswandi dengan diresmikan menjadi kecamatan baru, maka levelnya naik satu tingkat lebih tinggi untuk memperpendek rentang kendali.

“Perjuangan pembentukan kecamatan baru tidak lepas dari tujuan dasar untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Sehingga harus ada langkah dan perencanaan pembangunan untuk menjadikan Kecamatan Pulau Panjang daerah yang lebih maju dan tentunya indeks kesejahteraan masyarakat juga harus lebih meningkat,” tegas Wan Siswandi.

Acara peresmian kecamatan ditandai dengan pemukulan gong, pemotongan pita gedung kecamatan dan pembukaan tirai papan nama kecamatan yang dibuka secara resmi oleh Bupati Natuna, Wakil Bupati Natuna, Ketua PKK Kabupaten Natuna, DPRD, serta seluruh lembaga vertikal daerah dan tokoh masyarakat yang hadir.

Acara kemudian dilanjutkan dengan pelantikan Pejabat Administrator Camat Kecamatan Pulau Panjang.  Acara pelantikan diawali dengan pembacaan Surat Keputusan (SK) yang secara resmi menetapkah Said Muchdar sebagai pejabat baru Camat Pulau Panjang.

Bupati Natuna Wan Siswandi didampingi Wakil Bupati Natuna Rodhial Huda melakukan penandatanganan berita acara peresmian Kecamatan Pulau Panjang, Minggu, 12 Februari 2023.

Acara pengaambilan sumpah ditandi dengan pembacaan naskah sumpah yang dipimpin oleh Bupati Natuna Wan Siswandi dan diikuti oleh peserta pelantikan. Dilanjutkan dengan pendandatangan berita acara sumpah dan pemasangan tanda jabatan oleh Bupati Natuna kepada camat yang dilantik.

Saat itu, Wan Siswandi berpesan bahwa jabatan camat adalah tanggung jawab moral untuk memperjuangkan hak masyarakat dalam mendapatkan kehidupan layak dan sejahtera.

“Tentunya saya berpesan kepada camat, bahwa jabatan ini adalah amanah untuk melayani masyarakat. Maka gunakanlah jabatan ini untuk memperjuangkan kepentingan masyarakat,” tutup Wan Siswandi.  (KP).


Laporan : @A12


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *