Wabup Rodhial Huda Launching Pelayanan Administrasi Kependudukan di Pultibar

Terbit: oleh -14 Dilihat
Wakil Bupati (Wabup) Kabupaten Natuna, Rodhial Huda secara resmi melaunching dan mensosialisasikan pelayanan administrasi kependudukan di Kecamatan Pulau Tiga Barat (Pultibar), Rabu, 26 Juli 2023.

NATUNA – Wakil Bupati (Wabup) Kabupaten Natuna, Rodhial Huda secara resmi melaunching dan mensosialisasikan pelayanan administrasi kependudukan di Kecamatan Pulau Tiga Barat (Pultibar), Rabu, 26 Juli 2023.

Tampak hadir pada kegiatan tersebut Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Kadisdukcapil Kabupaten Natuna, Camat Pultibar, segenap Forkopimcam, Kepala Desa se-Kecamatan Pultibar, para pelajar dan masyarakat setempat.

Camat Pultibar, Junaidi dalam sambutannya menceritakan beberapa persoalan yang dialami masyarakat setempat terkait dengan pengurusan pelayanan administrasi kependudukan.

Adapun permasalahan yang sering ditemui kata Junaidi, masih terdapat beberapa warga yang belum memiliki identitas kependudukan. Hal itu disebabkan salah satunya oleh rentang kendali yang begitu jauh dari pusat kabupaten.

“Kondisi geografis Kecamatan Pultibar jauh dari kabupaten, sehingga ketika masyarakat ingin membuat KTP, KK, AKTE dan lainnya harus membutuhkan biaya transportasi yang besar, kemudian harus menginap di kabupaten,’ ujarnya.

Oleh karena itu jelas Junaidi, melihat dari permasalahan tersebut menjadi penting dengan adanya program pelayanan administrasi kependudukan di wilayah kecamatan, sehingga memberikan kemudahan bagi masyarakat.

“Kita sangat berterimakasih kepada Disdukcapil Kabupaten Natuna yang telah memberikan respon dan kepercayaan kepada kami. Sehingga nantinya dalam hal kepengurusan administrasi kependudukan, masyarakat tidak perlu ke kabupaten lagi,” imbuhnya.

Wakil Bupati (Wabup) Kabupaten Natuna, Rodhial Huda poto bersama usai melaunching dan mensosialisasikan pelayanan administrasi kependudukan di Kecamatan Pulau Tiga Barat (Pultibar), Rabu, 26 Juli 2023.

Sejalan dengan itu, Kadisdukcapil Natuna, Ilham Kauli menyebutkan Kecamatan Pultibar merupakan satu-satunya kecamatan yang ada di Natuna mendapatkan pelayanan administrasi kependudukan yang dilimpahkan langsung oleh Disdukcapil.

Ilham Kauli menuturkan, terdapat tiga pelayan yang dapat diberikan oleh Pemerintah Kecamatan Pultibar dalam kepengurusan administrasi kependudukan kepada masyarakat, diantaranya pembuatan KK, AKTE Kelahiran dan Akte Kematian.

“Administrasi kependudukan merupakan kebutuhan dalam bernegara. Oleh karena itu, kita sebagai pemerintah hadir membantu masyarakat dalam hal pengurusan administrasi kependudukan,” tuturnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Natuna, Rodhial Huda menyebutkan sangat mendukung dengan adanya program ini. Menurutnya program ini merupakan langkah inovasi dalam hal percepatan pelayanan kepada masyarakat.

Selanjutnya Rodhial Huda berpesan dengan adanya pelayanan administrasi kependudukan ditingkat kecamatan ini agar masyarakat segara melakukan pengurusan kependudukan, sehingga tidak ada lagi masyarakat yang tidak memiliki identitas dikemudian hari.

“Tentunya dengan inovasi pelayanan administrasi kependudukan ini dapat mempermudah masyarakat,” cetusnya. (KP).


Laporan : Ridwan


 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *