Bawaslu Natuna Deklarasi Siaga Pengawasan Satu Tahun Menuju Pemilu 2024, Khairurrijal: Semua Orang Bisa Melakukan Pengawasan

Terbit: oleh -8 Dilihat
Ketua Bawaslu Natuna Khairurrijal, SIP saat memimpin apel siaga pengawasan satu tahun menuju pemilihan umum 2024, di Halam Depan Kantor Bawaslu Natuna, Selasa, 14 Februari 2023.

NATUNA – Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Natuna Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) Khairurrijal, S.IP pada apel siaga pengawasan satu tahun menuju pemilihan umum (pemilu) menekankan pentingnya jajaran pengawas untuk selalu dekat dengan masyarakat pemilih.

Kata Rijal hal itu menjadi sangat penting agar tujuan utama dalam menciptakan pemilu yang demokratis, transparan serta berkualitas dapat lebih mudah diwujudkan secara bersama-sama.

Maka dari itu, Bawaslu Natuna mendeklarasikan siaga pengawasan dan pemilu damai serentak tahun 2024, di Halaman Depan Sekretariat Bawaslu Natuna, Jalan DKW Mohammad Benteng Ranai, Selasa, 14 Februari 2023.

Deklarasi damai ini mengusung tema Siaga Pengawasan Satu Tahun Menuju Pemilu 2024 dan Soft Launching Komunitas Digital Pengawasan Partisipatif Jarimu Awasi Pemilu.

Dihadapan seluruh Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) yang hadir saat apel siaga itu, Rijal menegaskan, tepat satu tahun menuju pemilu serentak tahun 2024 sudah dimulai berbagai tahapan-tahapan.

“Untuk itu perlu pengawasan maksimal agar pemilu berjalan transparansi dan berkualitas,” ungkap Khairurijal.

Suasa saat Bawaslu Natuna mengadakan apel siaga pengawasan satu tahun menuju pemilihan umum (pemilu) 2024, di Halam Depan Kantor Bawaslu Natuna, Selasa, 14 Februari 2023.

Rijal memastikan pengawasan pemilu saat ini tidak hanya dilakukan secara konvensional seperti yang sudah-sudah, namun bisa melibatkan seluruh masyarakat melalui teknologi yang semakin canggih.

“Semua orang bisa melakukan pengawasan partisipatif terhadap pemilu, dengan menggunakan gadget dan plafon media sosial yang mereka miliki secara bersama-sama,” ujarnya.

Tugas ini, lanjut Rijal, memang bukan hal yang mudah dan sangat berat, bahkan kesuksesan pemilu menjadi tugas berat bersama terutama Panwascam. Menurutnya satu tahun bukanlah waktu yang lama, namun seluruh elemen masyarakat punya tanggung jawab yang besar untuk mensukseskan pemilu.

“Selaku badan pengawas pemilu perlu menyampaikan informasi kepada seluruh masyarakat untuk mensukseskan pemilu tahun 2024 nanti. Bersama rakyat awasi pemilu, bersama Bawaslu tegakkan keadilan pemilu,” pungkas Rijal.

Sebagai Ketua Bawaslu Natuna, Rijal pun berharap pemilu di Natuna dapat berjalan lancar, berlangsung aman, dan tertib. Bawaslu Natuna berkomitmen mendukung pemilu damai, berintegritas tanpa hoaks dan ujaran kebencian, politisasi, sara dan politik uang. (KP).


Laporan : Hairil


 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *