Ilham Kauli: Identitas Kependudukan Digital Jadi Instrumen Bagi KPU

Terbit: oleh -11 Dilihat
Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Kadisdukcapil) Kabupaten Natuna, H. Ilham Kauli, S.Sos, M.Si menjawab koranperbatasan.com di ruang dinasnya, Senin, 27 Februari 2023.

NATUNA – Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Kadisdukcapil) Kabupaten Natuna, H. Ilham Kauli, S.Sos, M.Si memastikan aplikasi Identitas Kependudukan Digital (IKD) yang memuat identitas kependudukan seperti KTP, KK, KIA, dan kartu vaksin, serta BPJS Kesehatan, hingga kartu kepegawaian, menjadi instrumen bagi KPU.

Pasalnya, kata Ilham Kauli dalam waktu dekat akan diadakan pesta demokrasi Pemilihan Umum (Pimilu) DPR, DPD, DPRD Provinsi, DPRD kabupaten/kota dan Pilpres. Gawai tersebut akan diselenggarakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada tahun 2024 mendatang.

“Sekarang ini KPU sedang melakukan verifikasi ataupun pendataan validasi atau pemutakhiran data pemilu. Tentunya identitas kependudukan ini menjadi salah satu instrumen juga bagi KPU untuk memverifikasi atau memvalidasi ketika masyarakat itu tidak membawa KTP fisik,” kata Ilham Kauli menjawab koranperbatasan.com di ruang dinasnya, Senin, 27 Februari 2023.

Selain bisa menjadi acuan bagi KPU, penerapan aplikasi yang memuat KTP Digital ini juga dapat mempermudah pelayanan publik di instansi perbankan maupun pelayanan kesahatan.

“Kita berharap institusi-institusi atau unsur-unsur pelayanan publik seperti perbankan, kemudian bidang kesehatan juga bisa menerapkan, memanfaatkan identitas kependudukan digital sebagai salah satu wujud daripada keabsahaan dokumen penduduk,” ujar Ilham Kauli.

Artinya lanjut Ilham Kauli, program ini sudah sangat sejalan, sehingga tidak perlu lagi meminta bukti fisik kepada penduduk.

“Jadi masyarakat yang memiliki android versi di atas 6 hendaknya mendownload dan mengaktivkan aplikasi data kependudukan dalam rangka mendukung terwujudnya 25% daripada jumlah penduduk memiliki identititas kependudukan digital,” harapnya.

Menurut Ilham Kauli, sejak diluncur, Disdukcapil Natuna mencatat hampir 800 lebih penduduk telah menggunakan indentitas kependudukan berbasis digital. Sampai saat ini sosialisasi penggunaan KTP Digital terus dilakukan.

“Untuk bergerak secara paralel sesuai arahan pusat dari ruang lingkup ASN, tapi masyarakat juga sudah mulai bergerak, setiap yang datang kita berikan layanan tambahan mengaktifkan identitas kependudukan digital bila mereka memiliki fasilitas android,” sebut Ilham Kauli menjawab koranperbatasan.com di ruang dinasnya, Senin, 27 Februari 2023.

Kata Ilham Kauli, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menyatakan tidak akan lagi menambah persediaan blangko e-KTP. KTP-elektronik (KTP-el) akan diganti menggunakan digital atau Identitas Kependudukan Digital (IKD) atau yang disebut KTP Digital.

“Secara undang undang tadi saya katakan sudah suatu perkembangan teknologi informasi dan bahkan pemerintah sudah mulai mengurangi percetakan blangko untuk KTP-el,” ujar Ilham Kauli.

Ilham Kauli menerangkan kebijakan tersebut telah diberlakukan secara nasional. Dimana pada tahun 2023, target 25% dari jumlah total perekaman atau wajib KTP sudah harus memiliki identitas digital. (KP).


Laporan : Dhitto


 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *