Kodim 0318/Natuna Genjot Kedisiplinan Pelajar Melalui Kegiatan Baris Berbaris

Terbit: oleh -7 Dilihat
Sebelum lomba gerak jalan di buka secara resmi, para peserta melakukan senam bersama diikuti Sekda Natuna, Kejari, Kepala BMKG, Kakansar, dan sejumlah perwakilan pimpinan TNI-Polri, di Halaman Terbuka Pantai Piwang, Minggu, 13 Agustus 2023.

NATUNA – Kodim 0318/Natuna berupaya menanamkan kedisiplinan kepada para pelajar SD dan SMP di Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau, melalui kegiatan baris-berbaris dalam rangka memeriahkan HUT Kemerdekaan RI Ke-78.

Menurut Komandan Kodim (Dandim) 0318/Natuna Letkol Inf. Candra Morison Karundeg, kegiatan baris-berbaris yang dilakukan anak-anak pelajar SD maupun SMP untuk dapat mengikuti lomba gerak jalan HUT RI ke-78 dapat mengalih kebiasaan mereka ke hal-hal positif.

“Karena untuk menghadapi lomba ini mereka setiap hari mengadakan latihan, pagi, dan sore, kemudian malam mereka istirahat. Setidaknya latihan ini bisa mengalihkan perhatian meraka pada hal-hal yang positif, seperti kebiasaan mereka main handphone,” tegas Marison menjawab pertanyaan wartawan usai membuka lomba gerak jalan HUT RI di Pantai Piwang, Minggu, 13 Agustus 2023.

Kata Marison, meskipun Natuna berada di perbatasan dan terbilang jauh dengan pusat keramaian kota, namun pengaruh negatif perkembangan degitalisasi bisa saja melemahkan semangat para pelajar untuk lebih giat belajar.

“Memang kita sadari Natuna jauh dari ibu kota, namun dengan kemajuan internet saat ini ada banyak hal-hal negatif yang bisa diakses dan berpengaruh bagi kedisiplinan anak-anak Natuna,” ujar Marison.

Sekda Natuna, Boy Wijanrko Varianto didampingi Komandan Kodim (Dandim) 0318/Natuna Letkol Inf. Candra Morison Karundeg secara resmi melepas peserta lomba gerak jalan HUT RI Ke-78 di Pintu Utama Panatai Piwang Natuna, Minggu, 13 Agustus 2023.

Sebagai Komandan Kodim 0318/Natuna, Marison berharap melalui kegiatan baris-berbaris dan lomba gerak jalan yang mereka adakan dapat meningkatkan kedisiplinan bagi anak-anak khususnya pelajar SD, dan SMP.

“Tentunya mereka di latih bersikap disiplin dan patuh kepada pemimpin pletonnya, mereka juga di latih untuk bisa menjaga kekompakan dalam satu tim,” tutur Marison.

Marison menjelaskan lomba gerak jalan diikuti oleh 13 perwakilan tingkat SD dan 5 perwakilan dari tingkat SMP. Kegiatan diharapkan dapat menanamkan nilai-nilai pancasila dan semangat kebangsaan.

“Kegiatan ini untuk menunjukan kemampuan adik-adik pelajar dalam baris berbaris atau gerak jalan, dan juga untuk menanamkan rasa cinta tanah air kepada generasi muda. Dengan adanya perlombaan ini, mereka juga akan lebih bersemangat meningkatkan kemampuan baris berbaris di sekolah masing-masing,” terang Marison.

Sebelum lomba gerak jalan di buka secara resmi, para peserta terlebih dahulu melakukan pemanasan dengan senam bersama diikuti oleh Sekda Natuna, Kejari, Kepala BMKG, Kakansar, dan sejumlah perwakilan pimpinan TNI-Polri. (KP).


Laporan : Dhitto


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *