Pengurus Ikatan Keluarga Kalimantan Barat di Kepulauan Anambas Resmi Dikukuhkan

Terbit: oleh -22 Dilihat
Pengurus Ikatan Keluarga Kalimantan Barat (IKKB) Masa Bhakti 2023-2026 poto bersama usai pengukuhan, di SDN I Tarempa, Senin 20 Maret 2023.

ANAMBAS – Pengurus Ikatan Keluarga Kalimantan Barat (IKKB) Masa Bhakti 2023-2026 resmi dilantik dan dikukuhkan. Pelantikan dan pengukuhan tersebut berlangsung pada acara yang mengambil tema Jadikan IKKB Organisasi yang Mandiri Serta Menjadi Wadah Mempererat Tali Silaturahmi,” di SDN I Tarempa, Senin 20 Maret 2023.

Ketua Umum (Ketum) IKKB Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) Kolonel Infanteri  Sumadi, S.Sos, MM, melalui Wakil Ketua V IKKB Provinsi Kepri, Mahyudin dalam sambutannya mengatakan, IKKB Provinsi Kepri sejatinya sampai saat ini telah  berkembang dengan  telah terbentuk  di lima kabupaten/kota.

Lima kabupaten/kota tersebut antara lain yakni, Kota Batam, Kota Tanjungpinang, Kabupaten Bintan, Kabupaten Natuna dan Kabupaten Kepulauan Anambas. Sedangkan untuk Kabupaten Tanjung Balai Karimun dan Kabupaten Lingga masih dalam pendataan warga.

“Pengesahan IKKB Provinsi Kepri melalui SK Menkumham RI Nomor AHU-0009402.01.07. tahun 2022 dan Akte Notaris Nomor 23 tanggal 31 Agustus tahun 2023. Tentang AD/ART dan dokumen lain telah dilengkapi,” ujarnya.

Mahyudin pun berpesan kepada para ketua dan pengurus yang baru saja dilantik, untuk berhati-hati dalam bersikap, mengingat tahun ini merupakan tahun politik. Hendaknya tetap fokus, karena IKKB merupakan paguyuban yang bergerak di bidang sosial dan kemasyarakatan. Tidak dibenarkan untuk berpolitik praktis apalagi berafiliasi dengan partai tertentu.

“Saya yakin dan percaya Ketua dan Pengurus IKKB yang baru saja terbentuk dapat melaksanakan hal ini, untuk warga IKKB di Kepulauan Anambas, agar  senantiasa  untuk mendukung, sehingga kegiatan yang telah diprogramkan dapat berjalan dengan baik dalam upaya mewujudkan visi dan misi organisasi, dapat tercapai dengan motto “Bersama Kita Besar dan Bersatu Kita Kuat,” pungkasnya.

Sementara itu Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas Wan Zuhendra mengapresiasi  terbentuknya IKKB di kabupaten termuda di Provinsi Kepri.

“Saya berharap, hadirnya IKKB dapat bermanfaat untuk masyarakat, juga mampu menjaga kerukunan umat beragama, jadikan IKKB, untuk lebih mempererat dalam menjaga kesatuan antar suku yang ada,” harapnya.

Kata Wan Zuhendra, perlu diingat pepatah lama “dimana bumi di pijak disitu langit dijunjung” pihaknya yakin dan percaya  IKKB yang baru saja terbentuk dapat berkontribusi dalam pembangunan di Kabupaten Kepulauan Anambas.

“Pererat tali silaturahmi pererat hubungan antar suku, sehingga menciptakan suasana yang kondusif dalam kebersamaan membangun Anambas yang lebih baik lagi, apalagi anggota maupun pengurus IKKB tersebar disemua lini, ada yang menjadi ASN, di pasar, wartawan dan lainnya,” tutur Wan Zuhendra.

Sementara itu Ketua Lembaga Adat Melayu (LAM) Kabupaten Kepulauan Anambas Datok Ardan,  yang hadir pada acara tersebut juga mengapresiasi hadirnya IKKB di daerah ini.

Untuk itu, ia mengajak seluruh anggota dan pengurus IKKB untuk terus bersama menjalin silahturahmi antar sesama suku yang ada. Dan tak lupa pula Datok Arda berpesan agar terus dapat menggunakan pepatah lama “dimana bumi  dipijak disitu  langit dijunjung”.

“Alhamdulillah IKKB telah terbentuk di Anambas, mari kita sama-sama jalin silahturahmi dan bersama menjaga kondusifitas, dan mendorong pembangunan di Anambas,” pintanya.

Ketua IKKB Kabupaten Kepulauan Anambas Wahyu Hidayat mengaku sangat terharu, dan mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang mendukung hingga acara ini dapat terselenggara dengan baik.

Kata Wahyu Hidayat hadirnya Wakil Bupati Wan Zuhendra, Ketua LAM Ardan,  dari FKPD, Lanal Tarempa, Polres Anambas, Cabang Kejaksaan Negeri Natuna di Tarempa, para Camat, Lurah, dan Ketua-ketua Paguyuban seperti KKSS,  IKABASA, Pasundan, Pakuwojo, IKSB, IKK, PMSTI maupun IKKS, memberikan energi baru bagi IKKB di Anambas.

“Serta yang kami tuakan, Ibu Sry Wahyuni, Along kami, kakak kami Uray Dien Sutrisni, rekan-rekan panitia dan pengurus serta anggota yang tak dapat disebutkan satu persatu semuanya memberikan energi baru untuk kemajuan IKKB di daerah ini,” tuturnya.

Kami juga lanjut Wahyu Hidayat mengucapkan terima kasih yang sebesar-besar  kepada Pengurus IKKB Provinsi Kepri, terutama Ketum Bapak Kolonel Infanteri Sumadi, S.Sos, MM. (KP).


Laporan : Azmi Aneka Putra


 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *