Tak Hanya Semarak dan Meriah, HPN di Natuna Terbaik se-Kepri

Terbit: oleh -15 Dilihat
Bupati Natuna Wan Siswandi, didampingi Wakil Bupati Natuna Rodhial Huda dan Ketua DPRD Natuna Daeng Amhar beserta rombongan disambut tari persembahan yang diperagakan oleh pelajar SMP Negeri Satu Atap Pian Tengah, Kamis 9 Februari 2023.

NATUNA – Amran, Pemimpin Redaksi (Pemred) koranperbatasan.com menilai peringatan Hari Pers Nasional (HPN) di Kabupaten Natuna Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) yang digelar oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Natuna, Kamis 09 Februari 2023, adalah yang terbaik se-Provinsi Kepri.

Pasalnya, kata Amran, Wakil Sekretaris PWI Natuna, tahun 2023 ini para pekerja pers tergabung di PWI Natuna, memilih sebuah daerah terpencil bernama Desa Pian Tengah, Kecamatan Bunguran Barat, sebagai pusat perhelatan gawai HPN. Meski dilaksanakan jauh dari Ibu Kota Kabupaten Natuna, namun semarak HPN tetap dapat dirasakan oleh masyarakat.

“Meski lokasinya jauh dan terpencil, namun Bupati Natuna Wan Siswandi dan Wakil Bupati Natuna Rodhial Huda, juga Ketua DPRD Natuna, Daeng Amhar, bahkan Kepala Forkopimda Natuna, maupun Kepala OPD Pemkab Natuna, meraka semuanya hadir,” ujar Amran.

Rombongan anggota PWI Natuna tiba lebih awal di Desa Pian Tengah Kecamatan Bunguran Barat, mempersiapkan kelancaran acara HPN tahun 2023 yang berlangsung Kamis, 9 Februari 2023.

Amran yang juga menjabat Ketua Bidang Organisasi Serikat Media Siber (SMSI) Natuna ini pun menceritakan, menjelang Bupati Natuna Wan Siswandi dan rombongan datang, masyarakat setempat tampak antusias menunggu disepanjang jalan utama menuju Balai Desa Pian Tengah, tempat berlangsunya acara pembukaan HPN.

Tak hanya itu, para siswa-siswi SD hingga SMP setempat juga ikut menanti kedatangan kepala daerahnya, dengan menggenggam bendera kecil merah-putih, para penerus masa depan bangsa itu berjejer rapi di tepi jalan.

“Saat tiba, Bupati Natuna Wan Siswandi dan rombongan langsung menyapa masyarakat setempat, rombongan disambut dengan tari persembahan yang diperagakan oleh pelajar SMP Negeri Satu Atap Pian Tengah, selanjutnya diarak menuju Balai Desa Pian Tengah,” tutur Amran.

Dalam sambutannya, Ketua PWI Natuna, Muhammad Rapi mengucapkan selamat datang dan terima kasih kepada rombongan Bupati Natuna yang menghadiri kegiatan peringatan HPN.

Ketua PWI Natuna Muhammad Rapi menyampaikan sambutan pada pembukaan HPN di Desa Pian Tengah Kecamatan Bunguran Barat, Kamis 9 Februari 2023.

Rapi menjelaskan dipilihnya Desa Pian Tengah sebagai lokasi peringatan HPN karena Desa Pian Tengah merupakan salah satu desa terpencil dibagian Barat Natuna. Dimana infrastruktur jalan akses utama menuju Desa Pian Tengah dan Mekar Jaya masih ada yang belum di aspal dan bahkan dua jembatan di sana rusak parah. Selain itu, saat hujan turun jembatan penghubung sering banjir, sehingga akses masyarakat terputus.

“Dengan dilaksanakannya HPN di Desa Pian Tengah ini, kami berharap pemerintah daerah akan melihat secara langsung dan merasakan bagaimana kondisi desa ini, dan tentunya diharapkan akan dilakukan perbaikan maupun pembenahan,” kata Rapi.

Sementara itu, Kepala Desa Pian Tengah, Abdullah mengapresiasi bupati dan rombongan yang hadir didesanya dalam rangka HPN.

“Terima kasih banyak Pak Bupati, selama bapak menjabat sebagai bupati baru kali ini bapak ke desa kami ini,” ujar Abdullah.

Selain itu, Abdullah juga turut membenarkan keadaan desanya yang harus diperhatikan. Dimana akses utama menuju Desa Pian Tengah dan Mekar Jaya rusak dan sering menjadi langganan banjir saat hujan deras.

“Yang kami butuhkan disini yang pertama itu jalan menuju desa yang rusak parah, jalannya masih ada yang belum di aspal sekitar kurang lebih 3 killometer,” katanya.

Menurutnya, yang tak kalah penting yang perlu ia sampaikan ialah mengenai jaringan telekomunikasi yang masih lelet. Sehingga masyarakat Pian Tengah belum merasakan kemerdekaan akan internet.

“Kami harap, dengan hadirnya bapak disini semua yang kami sampaikan dapat ditindaklanjuti,” harapnya.

Bupati Natuna Wan Siswandi, didampingi Wakil Bupati Natuna Rodhial Huda dan Ketua DPRD Natuna Daeng Amhar beserta rombongan disambut antusias oleh warga setempat, saat menghadiri HPN di Desa Pian Tengah, Kabupaten Natuna, Kamis 9 Februari 2023.

Sementara itu, Bupati Natuna Wan Siswandi, dalam sambutannya mengucapkan terima kasih dan selamat Hari Pers Nasional.

“Saya ucapkan selamat Hari Pers Nasional tahun 2023, semoga insan pers khusnya yang ada di Natuna semakin jaya, semakin profesional dan selalu berkontribusi dalam pembangunan daerah dan kontrol sosial,” kata Wan Siswandi.

Menanggapi pemaparan mengenai kondisi Desa Pian Tengah, ia tidak dapat memastikan kapan dapat ditindaklanjuti. Namun Bupati Wan Siswandi mengaku akan mengusahakannya.

“Saya tak bisa janji tapi akan saya usahakan,” tutupnya.

Polres Natuna Ikut Serta Berikan Penyuluhan Hukum

Kapolres Natuna, AKBP Nanang Budi Santosa, SIK membuka secara resmi acara sosialisasi/edukasi hukum dalam memeriahkan Hari Pers Nasional (HPN) yang di selenggarakan oleh PWI Kabupaten Natuna di Desa Pian Tengah, Kecamatan Bunguran Barat, Kamis 09 Februari 2023.

Sosialisasi hukum ditujukan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat Desa Pian Tengah dan Masyarakat Desa Mekar Jaya guna terwujud dan tetap terjaganya situasi Kamtibmas yang aman.

Antusias warga Desa Pian Tengah menyaksiakan jalannya acara pembukaan HPN tahun 2023 di Balai Desa Pian Tengah, Kamis 9 Februari 2023.

Sosialisasi hukum diisi oleh Kasat Narkoba Polres Natuna, Iptu Walter Nainggolan bersama Kapolsek Bunguran Barat, Iptu Stepvanus Arperd Rikumahu yang dipandu oleh Kasi Humas Polres Natuna, Aipda David Arviad.

Dalam kesempatan tersebut, Kasi Humas Polres Natuna, Aipda David Arviad meminta agar masyarakat Desa Pian Tengah dan Desa Mekarjaya bijak dalam bermedia sosial.

Ia menyampaikan, dimasa sekarang media sosial tidak bisa lepas dari kehidupan sehari-hari. Ribuan informasi beredar dengan bebas di media sosial setiap harinya.

Namun banyak dari informasi tersebut tidak bisa dipastikan kebenarannya. Oleh karenanya para penerima informasi, seperti kita semua yang hadir, bapak/ibu diharapkan bijak dalam menerima serta mengolah informasi tersebut.

Contohnya di daerah kita sendiri seperti kasus begal yang terjadi beberapa waktu lalu, hari ini kami sampaikan berita tersebut adalah berita tidak benar.

Kasi Humas Polres Natuna, Aipda David Arviad sosialisasi hukum untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat Desa Pian Tengah dan Masyarakat Desa Mekar Jaya pada HPN 9 Februari 2023.

“Sebagai pengguna media sosial mari kite lebih selektif dalam menerima dan menyebarkan suatu informasi, pastikan informasi itu benar dan akurat jika tidak maka lebih baik tidak usah dipublikasikan/share lagi cukup hanya sampai kediri pribadi saja,” ungkapnya.

Kasi Humas Polres Natuna juga menyampaikan Polres Natuna selalu siap melayani masyarakat.

“Jika ada keluhan, laporan atau ingin silaturahmi maka jangan sungkan-sungkan, kami dari Polres ada Babinkamtibmas yang ditugaskan di desa-desa datangi saja dan sampaikan apa yang ingin disampaikan,” ujar Aipda David.

Sementara itu, Kasat Narkoba Polres Natuna, Iptu Walter Nainggolan menyampaikan kasus pelecehan anak dibawah umur harus menjadi perhatian bersama. Dalam hal ini peranan orang tua sangat mempengaruhi.

“Bersama-sama kita saling menjaga anak-anak kita masing-masing, pantau terus pergaulannya dan dengan siapa ia bergaul. Karena semakin peka orang tua maka hal-hal seperti ini dapat dihindari,” ungkapnya.

Kapolres Natuna, AKBP Nanang Budi Santosa SIK menyerahkan bantuan kepada warga kurang mampu dalam kegiatan HPN 9 Februari 2023 di Desa Pian Tengah, Kecamatan Bunguran Barat  Kabupaten Natuna.

Ia menambahkan didik anak sejak dini dan kenalkan ia dengan hal-hal yang boleh di lakukan dan tidak boleh dilakukan.

“Satu lagi yang tidak boleh dilupakan adalah untuk selalu memantau handphone anak-anak. Batasi mereka dari informasi yang tidak baik dan selalu arahkan mereka untuk mengakses informasi yang bermanfaat,” pintanya lagi.

Akhir kegiatan, Kasi Humas Polres Natuna Aipda David Arviad, menghimbau dan ajak seluruh elemen masyarakat, untuk terus menjaga persaudaraan dan kebersamaan, hingga tahapan pemilu berjalan aman, damai dan sejuk.

“Terima kasih kepada semua unsur masyarakat di Natuna, atas selalu tetap terjaganya situasi Kamtibmas yang kondusif,” tutup Aipda David. 

Tiga Organisasi Pemuda Terima Bantuan Olahraga

Tiga organisasi kepemudaan di Desa Mekar Jaya dan Pian Tengah menerima bantuan olahraga pada peringatan HPN. Bantuan olahraga ini berupa 6 unit bola voli, 3 unit net voli dan 3 unit bola kaki.

Sejumlah bantuan ini diberikan oleh Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Natuna dalam rangka memeriahkan peringatan HPN. Adapun ketiga organisasi kepemudaan ini adalah Persatuan Organisasi Pemuda Pemudi Masyarakat Sebuton (Perpadimas), Harapan Muda dan PomPT.

Kepala Bidang Olahraga Dispora Natuna, Eddy Iskandar mengatakan bantuan olahraga ini diberikan dalam rangka meningkatkan minat sekaligus menumbuhkan bibit atlet bagi masyarakat Natuna.

Kabid Olahraga Dispora Natuna, Eddy Iskandar didampingi Ketua PWI Natuna Mhd Rapi menyerahkan bantuan olahraga kepada tiga organisasi kepemudaan di Lapangan Bola Kaki Desa Pian Tengah.

“Tentunya kami berharap dengan bantuan olahraga yang kami serahkan ini dapat meningkatkan semangat pemuda serta menciptakan bibit unggul ataupun atlet,” kata Eddy usai menyerahkan bantuan.

Sementara itu, Riduan perwakilan pemuda Perpadimas mengaku sangat bersyukur atas sejumlah bantuan yang diterima. Pasalnya, dengan sejumlah sarana olahraga ini dapat menumbuhkan semangat olahraga bagi pemuda dan pemudi di Desa Mekar Jaya dan Pian Tengah.

“Terima kasih atas bantuannya,” kata Riduan singkat.

Bantuan olahraga ini diserahkan langsung oleh Bupati Natuna saat pembukaan HPN di Desa Pian Tengah berupa 6 unit bola voli. Dan sisanya diserahkan oleh Kepala Dispora Natuna, Suhardi melalui Kabid Olahraga Dispora Natuna, Eddy Iskandar yang didampingi Ketua PWI Natuna dan Panitia HPN. (KP).


Laporan : @A12

Kontributor : PWI Natuna


 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *