Kritik Sastra dalam Novel Cinta Suci Zahrana karya Habiburrahman El Shirazy

Terbit: oleh -8 Dilihat
Nurzabera

Novel Cinta Suci Zahrana adalah salah satu karya pengarang terkenal Habiburrahman El Shirazy. Habiburrahman EL Shirazy alias Kang Abik adalah seorang novelis ternama Indonesia. Ia dinobatkan sebagai novelis Nomor 1 Indonesia oleh Universitas Insani Diponegoro (UNDIP). Tema novel ini adalah kegigihan seorang wanita dalam mencari pasangan hidupnya.

Novel Cinta Suci Zahrana karya Habiburrahman El Shirazy bercerita tentang perjuangan seorang wanita untuk menemukan cinta sejati dan mengejar mimpinya. Novel ini masih menyandang judul novel pembentuk jiwa.

Novel yang mengangkat jiwa ini berkisah tentang seorang eksistensialis wanita yang ingin memiliki pekerjaan dan mengejar mimpi bahwa wanita juga bisa melakukan pekerjaan yang bisa dilakukan pria.  Perempuan memilih menjadi wanita karir. Perempuan juga memiliki hak atas kesempatan yang sama dengan laki-laki dalam bidang pekerjaan tertentu.

Sinopsis novel Cinta Suci Zahrana adalah sebagai berikut :

Bahkan orang tuanya Zahrana khawatir dengan keberhasilan akademisnya, karena Zahrana  berusia tiga puluh  tahun dan masih juga belum menikah. Banyak pria melamarnya, tapi Zahrana  menolak dengan halus. Konflik batin Zahrana muncul. Entah  ia harus mengikuti keinginan orang tuanya  atau ia mengejar tujuannya. Nyatanya, Zahrana menyerah. Ia tidak menerima tawaran menjadi dosen  UGM. Karena orang tuanya yang tinggal di Semarang tidak mau   jauh.

Zahrana  memutuskan untuk mengajar di sebuah universitas di Semarang. dia bisa tetap tinggal dengan orang tuanya. Zahrana juga menyerah pada orang tuanya, dan karena ia itu tidak menerima tawaran beasiswa S3  di Cina. Puncak konflik batin Zahrana terjadi ketika Sukarman, seorang duda dan dekan, melamar pernikahan sekembalinya dari Universitas Thinghua setelah menerima penghargaan. Zahrana  tidak menerima lamaran atasannya hal ini yang membuat kedua orang tuanya kecewa.

Alasan Zahrana adalah murni moral atasannya yang diketahui menuntut uang  dari siswa jika mereka ingin nilai yang bagus, dan bahkan suka bercinta dengan mahasiswanya sendiri. Terlepas dari alasan moral, Zahrana tidak bisa menerima tawaran bosnya, yang telah berusia kepala lima. Akibat menolak lamaran, Zahrana diberhentikan dengan tidak hormat.

Zahrana adalah orang pertama yang mengajukan surat pengunduran diri dan memutuskan untuk mengajar di sebuah perguruan tinggi teknik. Zahrana menyadari dia harus segera menikah. Ada argumen lain di benak Zahrana. Meski sudah menikah, ia juga ingin bisa melanjutkan cita-citanya di dunia akademis. Ia juga meminta nasihat dari kerabat jauh yakni sahabatnya, kepala pesantren.

Zahrana yang bertemu dengan seorang pemuda yang tidak terlalu dihormati dalam hal pekerjaan. Pemuda itu adalah seorang pedagang kerupuk, dan menurut Zahrana  itu pantas untuk menjai calon suaminya. Dia memutuskan untuk mengabdikan  hidupnya kepada Tuhan melalui ibadah dalam berumah tangga.

Sayangnya, calon suaminya meninggal setelah ditabrak kereta api tidak jauh dari desa. Kemudian ayahnya, yang telah menderita penyakit jantung selama bertahun-tahun, meninggal dunia. Saat itu, Zahrana merasa hampa. Dia hanya tinggal di rumah dan mengurus dirinya sendiri. Banyak teman dan kerabat yang datang. Salah satu pengunjungnya yaitu dokter yang merawatnya di rumah sakit. Ternyata, wanita tersebut adalah ibu dari seorang mahasiswa bernama Hassan, dan dia sedang mengawal skripsi.

Luka cinta Zahrana terobati setibanya ibu dokter ini.       

Ibu Dokter melaporkan bahwa putranya, Hasan berniat untuk menikah dengannya. Zahrana menyampaikan syaratnya. Jika anak dari ibu dokter itu benar ingin meminangnya, ia meminta pernikahan itu dilangsungkan  nanti malam setelah shalat tarawih. Ibu dokter menerima tawaran itu. Tepat pukul tujuh malam, mereka menggelar akad nikah yang suci di Masjid tempat jamaah melaksanakan salat Tarawih. Malam pertama Ramadhan menandai berakhirnya penderitaan Zahrana. Dia menyempurnakan hidupnya dengan mencurahkan kasih suci.

Novel ini memiliki banyak pelajaran hidup untuk kita pelajari. Sebagai gambaran hidup yang tidak selalu mulus, pasti ada halangan dan rintangan  yang membuat pikiran seseorang kuat atau lemah, tergantung dari sudut pandang seseorang. Selain itu, novel ini memiliki banyak kata mutiara dengan makna yang dalam yang dapat membangun jiwa pembacanya.

Sebuah novel yang ditulis oleh novelis nomor 1 nomor satu di Indonesia yang selalu bisa menyentuh hati pembacanya. Inilah salah satu kelebihan novel yang ditulisa oleh penulis  terkenal   Habiburrahman El Shirazy  atau Kang Abik. Apalagi akhir dari novel ini tidak mudah ditebak. Siapa sangka suami Zahrana adalah seorang mahasiswa di bawah asuhannya sendiri.

Novel Cinta Suci Zahrana merupakan novel yang mencoba menyampaikan bagaimana Islam memandang fenomena perempuan yang terlambat menikah. Karena selalu fokus pada karir akademik dan prestasinya yang selalu diakui secara nasional dan internasional. Ia telah ditunjuk sebagai dosen tetap di salah satu perguruan tinggi swasta Semarang, lebih khusus Universitas Mangunkarsa tanpa  harus melamar  terlebih dahulu.

Banyak hal yang bisa dipetik dari cerita novel ini.

Nilai kehidupan, nilai sosial, moral dan budaya. Bahasa yang digunakan juga komunikatif dan menggunakan bahasa sehari-hari. Sehingga pembaca dapat dengan mudah mengikuti alur cerita.

Novel ini juga memiliki kelemahan.

Kelemahan novel ini adalah bahasa ilmiah dunia arsitek itu sendiri belum tergali sedalam keahlian tokoh protagonisnya yakni Zahrana. Kalau pun ada hanya sedikit dan sangat minim. Rincian lebih lanjut tentang konflik Zahrana yang terlambat menikah dalam kehidupan pribadinya. Selain membahas konflik-konflik dalam kehidupan Zahrana, novel ini juga sedikit membahas tentang China sebagai latar tempat . Dan di novel ini juga kurang  membahas karakter Hasan sebagai orang yang diam-diam mencintai Zahrana. (*).


Biodata Diri

  • Nama : Nurzabera
  • Prodi : Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
  • Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
  • Universitas Maritim Raja Ali Haji

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *