Kritik Sastra Film Orang Kaya Baru

Terbit: oleh -7 Dilihat
Fanny Adefaiza

Orang Kaya Baru merupakan sebuah film bergenre komedi keluarga garapan sutradara Ody C. Harahap yang ditulis oleh Joko Anwar. Tayang di bioskop pada 24 Januari 2019 film ini berdurasi 99 menit.

Pemeran yang membintangi film ini adalah bintang-bintang besar yang sudah cukup lama berkarir di dalam dunia hiburan. Pemeran Raline Shah, Lukman Sardi, Cut Mini, Derby Romeo, Fatih Unru, dan Rafal Hady. Film Orang Kaya Baru beralur ringan dan cocok ditonton bersama keluarga, karena banyak unsur kekeluargaan yang diangkat didalamnya.

Film Orang Kaya Baru kisah mereka dimulai saat Tika (Raline Shah) bertengkar dengan adiknya, Dodi (Fatih Unru) yang memiliki mimpi sederhana, yakni memiliki bathup di kamar mandi. Lantaran impian tersebut tak bisa terwujud, Dodi memilih untuk berendam di bak mandi dan membuat kakaknya kesal.

Meski pertengkaran kerap terjadi, kehidupan sederhana keluarga mereka justru membuat bahagia. Bahkan kehangatan keluarga yang dipimpin oleh Bapak (Lukman Sardi) terlihat setiap kali mereka melakukan makan malam bersama.

Sayangnya kehidupan di rumah berbanding terbalik saat mereka berada di luar. Dodi tampak dimusuhi oleh teman-temannya lantaran masih menggunakan sepatu butut yang sudah tak layak pakai. Sementara Tika, ia difitnah oleh dua orang temannya melakukan pencurian telepon genggam.

Setibanya di rumah, Tika tampak mencurahkan perasaannya, terlebih ia selalu dipandang sebelah mata lantaran bukan berasal dari keluarga kaya. Bapak mencoba memberikan pengertian pada anak-anaknya terkait hal tersebut. Namun ternyata nasehat yang diberikan bapak merupakan pesan terakhir sebelum dirinya wafat.

Setelah kematian Bapak, kediaman mereka tiba-tiba didatangi oleh tim pengacara. Setelah berkumpul di ruang tamu, ibu, Duta, Tika, dan Dodi mendengarkan wasiat dari Bapak yang rupanya meninggalkan uang cukup banyak bahkan hingga miliaran rupiah kepada keluarga.

Kemudian keluarga tersebut berubah menjadi ‘Orang Kaya Baru’ karena warisan peninggalan Bapak. Kehidupan mereka sangat bergelimang harta. Saat si bungsu ditegur seorang penjaga toko karena menyentuh banyak barang, Ibu lalu sanggup membeli semua barang yang disentuh tersebut. Apa yang mereka inginkan dengan mudah dapat mereka beli. Meski sudah menjadi kaya, masalah justru datang menghampiri keluarga tersebut.

Kelebihan di dalam film Orang Kaya Baru ini, banyaknya kaliamat-kalimat candaan yang bermakna dan menyentuh hati para penonton. Seperti pada kalimat yang disampaikan oleh bapak pada saat di meja makan “Keluarga mana yang sampai sekarang masih makan bareng kayak gini,” yang menyentil keluarga yang anggotanya sibuk masing-masing.

Beberapa kalimat-kalimat yang bermakna di dalam film ini yang cocok dengan kehidupan keluarga saat ini, permasalahan yang diangkat di dalam film ini tak jarang kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari yang membuat kita sadar seberapa pentingnya keluarga di atas segalanya walaupun saat ini uang yang membuat semua orang melupakan banyak hal.

Walaupun banyak hal yang menarik di dalam film Orang Kaya Baru, tak bisa dipungkiri bahwa film ini juga memiliki kekurangan, denagan alur cerita yang sangat mudah di tebak, di mana alur cerita berulang-ulang yang akan membuat para penonton bosan dengan alur cerita dengan tujuan yang sama. (*).


Biodata Penulis

  • Nama : Fanny Adefaiza
  • NIM : 2003010071
  • Prodi : Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
  • Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan
  • Universitas Maritim Raja Ali Haji

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *