Bawaslu Tanjungpinang Hadiri Konsolnas Bawaslu RI Ada Empat Pesan Presiden Jokowi

Terbit: oleh -5 Dilihat
Ketua Bawaslu Kota Tanjungpinang Muhamad Zaini bersama Ketua Bawaslu RI Rahmat Bagja, saat acara Konsolidasi Nasional Pengawasan Pemilu Tahun 2024 di Gedung Bidakara Jakarta

TANJUNGPINANG-Bawaslu Kota Tanjungpinang bersama 2.352 orang Bawaslu Kabupaten/Kota dan Bawaslu Provinsi Se-Indonesia, menghadiri kegiatan Konsolidasi Nasional (Konsolnas) dalam rangka memantapkan kinerja dan soliditas jajaran pengawas Pemilu dalam mengawasi penyelenggaraan tahapan Pemilu Tahun 2024, yang digelar Bawaslu Republik Indonesia, di Gedung Bidakara, Jakarta, Sabtu-Minggu (17-18/12/2022).

f/ist

Hadir Presiden Republik Indonesia Joko Widodo pada acara pembukaan Konsolnas, yang menegaskan bahwa Bawaslu menempati peran yang sangat sentral dalam mengawasi Pemilu yang berkualitas. Dalam proses demokrasi, kepercayaan adalah kunci, karena menghasilkan legitimasi, jika prosesnya sesuai dan berkualitas. Maka, ia menekankan empat hal agar Pemilu 2024 berlangsung jujur dan adil.

Pertama kata Jokowi, Bawaslu harus memetakan segera potensi masalah dan berbagai kemungkinan terjadinya pelanggaran. Kedua, fokus pada upaya pencegahan. Sejak dini mencegah terjadinya benturan sosial, sekecil apapun segera selesaikan. Ketiga, bekerja cepat, responsif dan selalu berada pada koridor hukum.

Ketua Bawaslu Kota Tanjungpinang Muhamad Zaini selfie bersama Presiden RI Jokowi, saat acara Konsolidasi Nasional Pengawasan Pemilu Tahun 2024 di Gedung Bidakara Jakarta-f/ist

“(Bawaslu harus mampu) merespon pengaduan dengan cepat, menindak dan menyelesaikan berbagai pelanggaran dengan tegas. Tidak usah ragu-ragu, pegang teguh integritas, lakukan secara adil, dan tidak memihak,” tuturnya.

Keempat, ujar dia, libatkan partisipasi masyarakat seluas-luasnya, gencarkan pendidikan politik. “Literasi dan partisipasi masyarakat untuk menjaga pemilu yang berintegritas, berkualitas. Terlebih, partisipasi masyarakat ini akan mempermudah tugas Bawaslu”, ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Bawaslu RI Rahmat Bagja, dalam sambutannya menyambut baik kehadiran Presiden Jokowi di acara konsolnas. “Kami sangat berterima kasih sekali kepada bapak telah hadir dalam acara ini, inilah mungkin yang pertama kali Pak Presiden hadir di acara Bawaslu. Salah satu bentuk kecintaan Pak Presiden terhadap teman-teman Bawaslu yang ada di sini,”  Kata Bagja.

Lantas, Bagja menyampaikan pantun berisi pujian untuk Jokowi yang hadir, serta disambut tepuk tangan hangat dan meriah dari hadirin.

“Bunga mekar harum mewangi

Kayu Cendana dari Sentani

Selamat datang Bapak Presiden Jokowi

Bawaslu tersanjung bapak ada di sini”

“Apa tanda indahnya tanjak

Selalu dipakai perhiasan kepala

Apa tanda Bapak Jokowi bijak

Selalu dukung demokrasi bangsa”

Bagja menjelaskan bahwa Bawaslu dan seluruh jajaran siap mengawasi Pemilu Tahun 2024. Saat ini, terdapat 23.897 orang SDM pengawas, dari pusat hingga Panwaslu Kecamatan.

Dikatakannya, Bawaslu akan terus berupaya mengembangkan inovasi pengawasan. Diantaranya pengawasan partisipatif melalui Saka Adhyasta Pemilu bersama gerakan Pramuka, Pusat Pendidikan Partisipatif, Pengembangan Teknologi Informasi, Survei Indeks Kerawanan Pemilu, Hubungan Kerjasama Kelembagaan dan Internasional.

Hal senada disampaikan oleh Ketua Bawaslu Kota Tanjungpinang Muhamad Zaini bahwa arahan Presiden dan Ketua Bawaslu dalam Konsolnas ini, meningkatkan spirit dan motivasi bagi seluruh jajaran pengawas Pemilu dalam memantapkan kinerja dan soliditas guna mengawasi penyelenggaraan tahapan Pemilu 2024 yang demokratis dan berkualitas.

“Arahan ini menjadi spirit yang terpatri dalam melaksanakan tugas kelembagaan dalam mengawal pesta demokrasi 2024”, ungkap Zaini

Sesuai arahan, Bawaslu Kota Tanjungpinang sudah dan akan senantiasa meningkatkan pencegahan terhadap berbagai potensi kerawanan, dengan mengembangkan pengawasan partisipatif melalui sosialisasi dan edukasi, serta kerjasama kelembagaan dengan stakeholder, Ormas, OKP, Ormawa, Partai Politik, pemantau Pemilu, dan seluruh masyarakat.

Lanjut Zaini, saat ini ada 32 SDM adhoc Panwaslu Kecamatan dan sekretariatnya, selanjutnya bulan Januari  2023 akan direkrut Pengawas Kelurahan di 18 kelurahan Se-Tanjungpinang.

Selain itu, Bawaslu Kota Tanjungpinang sedang fokus pengawasan pembentukan PPK dan PPS jajaran adhoc KPU, guna memastikan terpilihnya penyelenggara yang berintegritas dan profesionalitas. Serta fokus pengawasan penataan Daerah Pemilihan dan Alokasi Kursi untuk DPRD Kota Tanjungpinang. Beberapa waktu lalu telah menyelesaikan pengawasan tahapan verifikasi dan penetapan Partai Politik Peserta Pemilu Tahun 2024.

“Alhamdulillah Bawaslu Kota Tanjungpinang melakukan pengawasan secara langsung dan melekat terhadap setiap tahapan Pemilu, dengan merujuk kepada Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017, serta Perbawaslu dan PKPU guna memastikan sesuai prosedur, tatacara, mekanisme”, tutur Zaini yang juga Kordiv. SDM, Organisasi, Diklat dan Datin.Sebagai informasi, Konsolnas Bawaslu tersebut dihadiri Ketua dan Anggota Bawaslu RI, Ketua KPU RI, Ketua DKPP RI, Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly, Dirjen Polpum

Bakhtiar. Kapolda Metro Jaya, Pj Gubernur DKI, Pangdam Jaya.

Pada hari Minggunya, masih dalam rangkaian Konsolnas, Bawaslu Se-Indonesia melakukan gerak jalan sehat di area “Care Free Day Jakarta” disekitar Gedung Bawaslu RI dan Bundaran HI. Serta sosialisasi pengawasan Pemilu melalui stand pameran pengawasan dari Bawaslu di 34 Provinsi,  yang dikunjungi antusias oleh warga Jakarta yang juga jalan santai. Buku 500 Pantun Pemilu karya Bawaslu Kota Tanjungpinang, termasuk diantara literasi yang menghiasi stand Bawaslu Kepri (KP).


Laporan : Abidin

Sumber : Bawaslu Kota Tanjungpinang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *