Wakil Ketua II DPRD Sidak UPP PLTD Letung Jawab Keresahan Masyarakat

oleh -109 views
Wakil Ketua II DPRD Anambas, Firdiansyah saat berada di UPP PLTD Letung

ANAMBAS (KP) – Menjawab keluhan masyarakat Jemaja dan Jemaja Timur terkait pemadaman listrik bergilir, Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Kepulauan Anambas, Firdiansyah, turun langsung  ke UPP PLTD Letung, Kamis 28 Januari 2021.

Dalam kunjungannya, Firdiansyah langsung menemui petugas UPP PLTD Letung dan bertanya penyebab permasalahan yang sebenarnya terjadi sehingga pelayanan listrik terhadap masyarakat di area itu tidak maksimal.

“Kita turun langsung kelapangan dan meminta keterangan dari Kepala UPP PLTD Letung, Ridwan Kurniawan, mengenai apa permasalahan yang terjadi hingga mengakibatkan pemadaman listrk bergilir tidak kunjung usai,” kata Firdiansyah di sela-sela kunjungan itu.

Kedatangan Firdiansyah saat  itu disambut oleh Kepala UPP PLTD Letung, Ridwan Kurniawan, dalam kesempatan itu, Ridwan menjelaskan telah terjadi kerusakan pada salah satu unit mesin pembangkit listrik, hingga memaksa pihaknya untuk melakukan pemadaman secara bergilir.

“Mesin pembangkit listrik kita ada tiga yang aktif. Satu diantaranya saat ini sedang mengalami gangguan. Teknisi kita sudah mulai melakukan perbaikan dari sore kemarin, dan ini akan memakan waktu kurang lebih dua minggu,” terang Ridwan.

Ridwan juga sempat menjelaskan bahwa UPP PLTD Letung memiliki lima unit mesin pembangkit, saat ini hanya dua unit yang bisa beroprasi.



“PLTD Letung sendiri memiliki lima unit mesin pembangkit, dua unit aktif, satu unit dalam perbaikan yang sedang berlangsung. Satu lagi rusak berat dan yang satunya lagi, rusak total hingga tidak bisa dipergunakan lagi,” jelas Ridwan.

Menurut Ridwan mesin tersebut adalah milik Pemda Natuna sampai saat ini belum jelas statusnya.

“Ada dua unit mesin milik Pemda Natuna ditempat kita. Itu pun dalam keadaan rusak. Hingga saat ini kita sendiri tidak berani mengaktifkan mesin tersebut dikarenakan status mesin itu bukan termasuk aset kita,” sebut Ridwan.

Usai mendengar penjelasan dari Ketua UPP PLTD letung, Wakil Ketua II DPRD Anambas, Firdiansyah rencananya akan mendatangi Manajemen PLN Provinsi Kepulauan Riau di Tanjungpinang.

“Setelah melihat fakta begini, insyaallah saya akan datangi Manajemen PLN Area  Tanjungpinang,” kata Firdiansyah.

Firdiansyah memastikan secepat mungkin dirinya akan meminta PLN Provinsi memperhatikan keberadaan UPP PLTD Letung guna memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat Jemaja dan Jemaja Timur.

“Secepatnya saya akan  ke PLN Provinsi dan meminta untuk memperhatikan kondisi UPP PLTD Letung ini. Agar pelayanan kepada mayarakat bisa lebih maksimal,” tegasnya. (KP/AP).



Laporan : Azmi Aneka Putra