Tidak Bisa Cepat, Wan Zuhendra : Saya Harap Konsep Pengembangan Pariwisata Kedepan Didukung Semua Pihak

oleh -417 views
Wan Zuhendra, Wakil Bupati Anambas

ANAMBAS (KP) – Tingkat promosi objek wisata andalan Anambas sangat tinggi. Hampir semua pihak ikut terlibat mempromosikan keindahan alam tersebut, baik secara sengaja maupun sebatas sensasi, alhasil dunia mulai melirik. Artinya potensi wisata Anambas sangat luar biasa jangan sampai SDM-nya tidak siap.

Menanggapi hal tersebut, Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas (Anambas) Provinsi Kepulauan Riau, Wah Zuhendra memastikan pemerintah daerah melalui dinas terkait tetap terus mengadakan pelatihan-pelatihan sertifikasi untuk peningkatan SDM di bidang pariwisata.

Kata Wan Zuhendra, selama berapa tahun ini pemerintah daerah telah banyak mengirim peserta kursus dalam rangka peningkatan SDM bidang pariwisata seperti di Kabupaten Bintan dan Kota Batam.

“Ada yang kursus 1 tahun di Bintan kemudian ada yang kita kirim kuliah S1 ke Batam. Jadi ini sudah berlangsung sejak beberapa tahun, pada priode kami yang pertama hal ini sudah kami lakukan,” kata Wan Zuhendra menjawab koranperbatasan.com di ruang dinasnya, Sabtu, 01 Mei 2021.

Menurut Wan Zuhendra program-program tersebut dilakukan guna mendorong potensi-potensi pariwisata yang ada agar cepat terbenahi. Terutama pengelolaan pada beberapa tempat yang bisa dijadikan objek pariwisata andalan bagi Anambas.

“Nah itu tadi objek-objek wisata yang ada seperti Batu Tompak Tige termasuk yang sudah kita kerjakan sejak 5 tahun,” ujarnya.

Wan Zuhendra memastikan saat ini masyarakat Anambas sudah mulai memahami tentang pentingnya menjaga kelestarian tempat-tempat pariwisata yang akan dikembangkan oleh pemerintah daerah.



“Upaya-upaya memberi pemahaman harus terus kita sosialisasikan bahwa pemerintah daerah pengen mengembangkan sektor pariwisata yang merupakan potensi daerah, jadi ini memang harus kita lakukan,” ungkapnya.

Padang Melang, Kabupaten Kepulauan Anambas Provinsi Kepulauan Riau

Wan Zuhendra menjelaskan terkait upaya pengembangan pariwisata andalan yang dimiliki, pemerintah daerah sudah mensosialisasikan untuk dilakukan pengembangannya sampai ke tingkat desa.

“Di tingkat desa kita juga sudah canangkan Desa Wisata. Jadi sudah ada juga beberapa desa yang berhasil mengembangkan pariwisatanya. Seperti di Desa Belibak sudah mengembangkan potensi wisatanya, di Batu Belah mereka juga sedang mengembangkan salah satu pulau untuk dijadikan daerah tujuan wisata,” jelasnya.

Sejalan dengan itu, Wan Zuhendra menerangkan pemerintah daerah juga menyiapkan pelatihan bagi para pelaku UMKM bidang pariwisata sebagai pendukung berkembangnya sektor pariwisata tersebut.

“Nah, masyarakat juga kita berikan pelatihan-pelatihan UKM supaya mereka bisa mengembangkan usahanya, mereka ini dipersiapkan khusus untuk wisatawan yang masuk ketika membutuhkan kuliner khas Anambas,” terangnya.

Lebih jauh Wan Zuhendra menyebutkan objek pariwisata di Anambas merupakan potensi alam sudah ada secara alami tinggal dinikmati saja seperti pantai-pantai yang indah.

“Kita mendorong agar pantai-pantai dijaga jangan dikotori dan lautnya tetap bersih. Mengembang pariwisata tidak bisa dalam kurun waktu cepat dan singkat. Jadi dimana-mana bahkan dunia membutuhkan waktu yang begitu panjang mengembangkan pariwisata sampai bisa dinikmati. Saya berharap konsep pembangunan pariwisata kedepan didukung oleh semua pihak,” pungkasnya. (KP).



Laporan : Azmi Aneka Putra