Sedang Dibahas, Disdikpora Segera Umumkan Sistem Belajar Sekolah di Anambas

oleh -369 views
Nurman, Kadisdikpora Anambas

ANAMBAS – Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Kadisdikpora) Kabupaten Kepulauan Anambas (Anambas), Provinsi Kepri, Nurman rencananya akan mengadakan rapat terkait sistem belajar mengajar di masa pandemi Covid-19 tahun ini.

Rencana rapat tersebut akan dilakukan mulai hari ini, Kamis, 01 Juli 2021 membahas apakah pada tanggal 12 Juli mendatang akan menerapkan kembali kegiatan Pembelajaran Tatap Muka (PTM), atau secara daring Belajar Dari Rumah (BDR).

“Nanti kita rapat dengan tim terkait gugus tugas baik dari Polres, Lanal, Kemenag dan instansi terkait lainnya, biasanya kita minta laporan situasi terakhir Covid-19, untuk menentukan apakah kita PTM atau BDR, sebab nanti tanggal 12 itu mulai belajar, jadi tanggal 1-2 kita mulai rapat,” ujar Nurman kepada koranperbatasan.com di halaman depan Kantor Disdikpora, Rabu 30 Juni 2021.

Kata Nurman, keputusan atas hasil rapat yang akan dilakukan biasanya akan diumumkan secara terbuka seminggu sebelum belajar.

“Berdasarkan keputusan menteri hanya ada dua pilihan saja, belajar tatap muka atau belajar daring, tapi diserahkan ke Pak Bupati untuk memutuskan sesuai dengan situasi dan keadaan,” ungkapnya.

Terkait sistem belajar Nurman menyebutkan, biasanya para guru ada yang memilih mengambil mata pelajarannya di sekolah. Selain itu, ada juga para guru yang langsung menemui anak-anak muridnya di rumah.

“Nah, kalau kita di daerah memang tidak ada bantuan, tapi dari pusat itu ada, cuma kemarin ada bantuan 200 tablet/hp untuk tingkat SD dan SMP dari program Corporate Social Responsibility (CSR) Medco,” pungkasnya.



Sebagai Kadisdikpora, Nurman berharap tingkat kesadaran satuan pendidik, kepala sekolah bersama majelis guru mampu menciptakan pola-pola lebih efektif untuk menyampaikan pembelajaran.

“Kemudian kepada orang tua dan wali murid sekarang ini lah kita sama-sama menyadari bahwa belajar itu tidak hanya di sekolah saja, di rumah juga harus belajar,” tutupnya. (KP).



Laporan : Azmi Aneka Putra