Gonta Ganti Jabatan, Bupati Minta Handphone Kepala OPD Aktif 24 Jam

oleh -551 views
Bupati Natuna, Wan Siswandi, S.Sos, M.Si

NATUNA – Bupati Kabupaten Natuna, Wan Siswandi, S.Sos, M.Si melantik 26 Pegawai Negeri Sipil (PNS) jabatan pimpinan tinggi pratama, administrator, pengawas, dan jabatan fungsional, di Gedung Wanita, Bukit Arai, Ranai, Rabu, 05 Januari 2022.

Pengukuhan pelantikan dan pengambilan sumpah 26 orang PNS pada empat jabatan strategis dilingkungan Pemerintah Kabupaten Natuna yang berlangsung Rabu malam tersebut dilakukan berdasarkan ketentuan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 11 tahun 2017 Tentang Manajemen PNS.

Dimana setiap PNS yang diangkat dalam jabatan harus dilantik dan mengangkat sumpah atau janji jabatan menurut agama dan kepercayaannya kepada tuhan yang maha esa.

Bupati Natuna, Wan Siswandi, S.Sos, M.Si saat melantik 26 PNS jabatan pimpinan tinggi pratama, administrator, pengawas, dan jabatan fungsional, di Gedung Wanita, Bukit Arai, Ranai, Rabu, 05 Januari 2022.

Bupati Natuna, Wan Siswandi dalam sambutannya mengajak para pejabat yang mengabdikan dirinya sebagai PNS di Pemerintah Kabupaten Natuna dapat menyatukan hati, pandangan, dan pikiran dalam satu tujuan.

“Saya berharap kepada yang sudah diberi kepercayaan malam ini melakukan pekerjaan yang lebih baik,” pintanya.

Menurut Wan Siswandi, setiap pimpinan dalam suatu pemerintahan tidak bisa bekerja sendiri, tentunya pasti memerlukan dukungan dari bawahan. Oleh karena itu, ia meminta untuk saling mengerti.

“Kita pada prinsipnya saya sendiri, tidak punya kemampuan untuk melakukan apa-apa, tanpa adanya dukungan dari teman-teman semua,” pungkasnya.



Sebagai Bupati Natuna, Wan Siswandi, mengingatkan kepada 28 pejabat eselon yang telah dilantik agar dapat menjalankan amanah dengan penuh rasa tanggungjawab serta loyal terhadap pimpinan.

Salah satu yang menjadi sorotannya selama ini diketahui ada banyak pejabat Natuna sekelas kepala dinas, terkesan sulit dihubungi dan sering mematikan handphone (HP).

“Ini memang hal kecil, tetapi jika HP saja mati bagaimana kita bisa berkomunikasi dengan lancar. Saya minta semua pejabat HP-nya aktif 24 jam agar memudahkan komunikasi,” tegas Wan Siswandi.

Beberapa PNS jabatan pimpinan tinggi pratama, administrator, pengawas, dan jabatan fungsional yang sedang dilantik dan diambil sumpah.

Menurutnya, jika komunikasi bersama para pimpinan OPD tidak lancar, bisa menjadi kendala dalam menindaklanjuti berbagai usulan program pembangunan. Salah satu contoh ketika dirinya bertemu menteri dan membutuhkan data-data dari dinas terkait.

“Kita butuh data-data cepat untuk dipaparkan ke kementerian, ketika kepala dinasnya tidak bisa dihubungi tentu ini menjadi hambatan, maka saya minta kepada pejabat HP harus aktif 24 jam, untuk memudahkan komunikasi,” tegasnya.

Wan Siswandi juga menegaskan bahwa pelantikan pejabat eselon tidak ada hubungannya dengan urusan politik. Katanya semua berdasarkan penilaian kemampuan dan kinerja para PNS.

“Saya tegaskan lagi, pelantikan ini tidak ada hubungan lagi dengan urusan politik, semua sudah lewat. Saya menempatkan saudara-saudara berdasarkan kemampuan, saat ini bagaimana kita menyatukan pandangan dan pikiran agar Natuna lebih maju lagi,” ungkapnya.


BERIKUT NAMA-NAMA PNS JABATAN PIMPINAN TINGGI PRATAMA, ADMINISTRATOR, PENGAWAS, DAN JABATAN FUNGSIONAL BARU DILANTIK


  1. Ikhwan Solihin, SE, MA, (Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia Sekretariat Daerah)
  2. Marka, S.Pd (Staf Ahli Bidang Pembangunan, Ekonomi dan Keuangan Sekretariat Daerah)
  3. Muchtar Achmad, M. Eng (Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Sekretariat Daerah)
  4. Basri, M.Si (Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah)
  5. Tasrif, S.Sos, M.Si (Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah)
  6. Muhamad Alim Sanjaya, S.IP, M.PP (Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia)
  7. Helmi Wahyuda, SE (Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik)
  8. Hikmatul Arif, SE (Kepala Badan Pengelola Perbatasan Daerah)
  9. Ilham Kauli, S.Sos, M.Si (Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil)
  10. Sri Hariningsih, SE, M.Si (Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian)
  11. Bukhary, S.STP, MAP Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika)
  12. Agus Supardi (Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang)
  13. Syawal, SE (Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Natuna)
  14. Anrizal Zen, ST (Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa)
  15. Indra Joni, S.Sos (Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan)
  16. Marwan Sjah Putra, S.TP (Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Mikro)
  17. Hendra Kusuma, SH, M.Si (Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Pertanahan)
  18. Hussyaini, S.IP (Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi)
  19. Raja Darmika, ST, MAP (Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah)
  20. Zakimin, S.Pi (Kepala Bidang Penegak Peraturan Daerah dan Peraturan Kepala Daerah Satuan Polisi Pamong Praja dan Perlindungan Masyarakat)
  21. Dodi Nuryadi, S.STP, M.Si (Kepala Bidang Rehabilitasi dan Rekontruksi Badan Penanggulangan Bencana Daerah)
  22. Suherman, SH (Kepala Bidang Promosi, Pembiayaan dan Informasi Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Mikro)
  23. Benny Suparta, ST, M.Si (Kepala Bidang Pencegahan Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan)
  24. Budi Darma, S.Sos (Kepala Bidang Penataan dan Penaatan Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup Dinas Lingkungan Hidup)
  25. Lira Herdania, SE (Kepala Subbagian Keuangan Badan Pengelolaan Keuangan dan Pendapatan Daerah)
  26. Nurnaningsih, S.IP (Kepala Subbagian Perencanaan dan Pelaporan Badan Pengelolaan Keuangan dan Pendapatan Daerah Kabupaten Natuna)

Laporan : Johan