Bupati Anambas Buka Raker Badan Perjuangan Pembentukan Provinsi Khusus Kepulauan Natuna Anambas

oleh -81 views
Bupati Kepulauan Anambas, H. Abdul Haris, SH

ANAMBAS – Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas, Abdul Haris, SH secara resmi membuka Rapat Kerja (Raker) Badan Perjuangan Pembentukan Provinsi Khusus Kepulauan Natuna Anambas (BP3K2NA), yang berlangsung di BPMS Tarempa, Sabtu, 17 September 2022.

Pada kesempatan tersebut, H. Umar Natuna selaku Ketua Umum BP3K2NA menyampaikan target utama dari pelaksaaan Raker ini adalah bagaimana bisa merealisasikan dalam memperjuangkan Kepulauan Natuna Anambas bisa menjadi provinsi.

“Harapannya dari kegiatan ini lahir program – program kegiatan untuk mempercepat lahirnya provinsi ini. Selanjurnya H.Umar juga menyampaikan pada Oktober 2023 Proposal dan kajian akademik diupayakan harus sudah terwujud,” ungkap Umar.

Sementara, Bupati Anambas, Abdul Haris dalam kesempatan ini menyampaikan bahwa dirinya mendukung penuh pembentukan provinsi khusus dari dua kabupaten, yaitu Natuna dan Anambas.

“Hal ini tentunya berasal dari keinginan masyarakat dua kabupaten yang dicetus dengan singkatan BP3K2NA,” ungkap Haris.

Selanjutnya Abdul Haris juga mengatakan bahwa kita sudah sangat strategis untuk mendambakan provinsi khusus dan banyak hal lainnya yang melandasi pemerintah pusat untuk mendukung terbentuknya Provinsi Khusus Natuna Anambas.



“Dikarenakan faktor alam, geografis yang mendorong kita ingin menjadi setara dengan pulau jawa, Banyak hal yang memacu kita bersama dan menggugah pemerintah pusat supaya kita bisa dilahirkan sebagai provinsi khusus,” jelas Haris.

“Pembentukan provinsi khusus ini juga merupakan salah satu upaya untuk mewaspadai adanya ancaman-ancaman dari luar negara mengingat Natuna merupakan lapis pertama dan Anambas merupakan lapis kedua perbatasan NKRI,” tambah Haris.

Diakhir sambutannya Abdul Haris menyampaikan bahwa pemerintah provinsi maupun pusat, bersama-sama mendukung terkait pembentukan provinsi khusus ini.

“Harapannya semoga kegiatan raker ini berjalan dengan lancar sehingga dapat diteruskan kepada pemerintah provinsi dan pemerintah pusat agar  mendukung terkait keinginan masyarakat Kabupaten Natuna dan Anambas saat ini,” tutup Haris. (KP).


Laporan : Azmi Aneka Putra

Kontributor : Diskominfotik Anambas