Hadiri Pelantikan Pengukuhan APDESI, Bupati Natuna: Kades Garda Terdepan Memberikan Pelayanan Terbaik Kepada Masyarakat

oleh -254 views
Bupati Kabupaten Natuna, Wan Siswandi poto bersama Ketua DPD APDESI Kepulauan Riau, M Nazar Iman dan para Pengurus DPC APDESI Natuna.

NATUNA – Bupati Kabupaten Natuna, Wan Siswandi menghadiri pelantikan Dewan Pimpinan Cabang (DPC) kepengurusan Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Natuna Periode 2023 – 2028. Pelantikan berlangsung di Gedung Sri Serindit Ranai, Rabu, 18 Januari 2023, dihadiri oleh 70 Kepala Desa (Kades) se-Kabupaten Natuna.

Berdasarkan Surat Keputusan (SK) APDESI, No : 003/Kep/DPD/I/2023 yang dibacakan secara resmi, pada awal kegiatan berlangsung memutuskan, Zapridin (Kades Kelarik Utara) sebagai Ketua DPC APDESI Natuna Periode 2023 – 2028.

Pelantikan dan pengukuhan ditandai dengan pembacaan ikrar APDESI dipimpin langsung oleh Ketua APDESI Provinsi Kepulauan Riau didampingi Bupati Natuna, diikuti oleh dewan cabang yang dilantik, dilanjutkan penandatangan berita acara pelantikan.

Ketua DPC APDESI Natuna 2023 – 2028 terpilih, Zapridin dalam sambutanya menyampaikan dengan terbentuknya APDESI Natuna, dapat menjadi wadah pemerintah desa dalam bersinergi membangun desa.

“APDESI adalah sebuah asosiasi nasional yang menghimpun seluruh kepala desa di  Indonesia. Kita harap kehadiran APDESI di Kabupaten Natuna dapat memperkuat sinergi dalam melakukan pembangunan di desa-desa, sekaligus memperkuat fungsi pengawasan memperjuangkan perangkat desa,” tutur Zapridin.

Ketua DPC APDESI Natuna 2023 – 2028 terpilih, Zapridin.

Ketua DPD APDESI Kepulauan Riau, M Nazar Iman dalam sambutanya berharap kepengurusan yang baru dilantik dapat menjalankan amanahnya dengan penuh tanggungjawab.

“APDESI adalah garda terdepan dalam pembangun desa, sehingga penting bagi kepengurusan untuk bersama-sama menjalankan program yang tepat sasaran dalam membangun desa. Sebagai organisasi yang baru terbentuk penting bagi DPC APDESI Natuna untuk menyamakan persepsi dalam mendefinisikan Visi Misi APDESI,” terang Nazar Iman.



Nazar Iman menghimbau kepada setiap kades menggunakan Platfom APDESI sebagai wadah untuk terus belajar dan mengembangkan diri menuju kades yang berkualitas. Kualitas pembangunan desa dapat dilihat dari kualitas dan program kades  beserta perangkat desa.

Sementera Bupati Natuna, Wan Siswandi dalam sambutannya menyampaikan apresiasi dan selamat atas dilantiknya DPC APDESI Natuna.

“Keberhasilan sebuah kabupaten berawal dari kesejateraan sebuah desa, sehingga penting bagi pemerintah daerah untuk memperhatikan pembangunan desa. Termasuk bagaimana pemerintah terus mendorong pemerintah desa melakukan pembangunan melalui potensi desa masing-masing yang dikelola secara kreatif,” ungkap Wan Siswandi.

Wan Siswandi menegaskan, sinergi pemerintah kabupaten hingga desa harus berjalan seirama untuk mewujudkan tujuan pembangunan yang berorientasi pada kesejahteraan masyarakat secara umum.

“Tentunya saya berharap kepada kades dapat menjadi garda terdepan dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Jabatan adalah amanah, sehingga penting bagi kita semua untuk bertanggung jawab atas amanah yang diberikan,” harap Wan Siswandi. (KP).


Laporan : @A12

Kontributor : Diskominfo Natuna