Hanya HKS Pertahankan Tradisi Lama Memperingati Maulid Nabi Akhir Zaman

oleh -157 views
Pawai-telur-merah-bunga-rampai-diiringi-gendang-HKS-Ranai-diikuti-oleh-warga-Serasan-dan-Serasan-Timur-yang-berdomisili-di-Ranai

NATUNA (KP),- Tanggal 12 Rabi’ul Awal telah menjadi salah satu hari istimewa bagi kaum muslimin. Hari ini dianggap sebagai hari kelahiran Nabi akhir zaman, sang pembawa risalah penyempurna, Nabi Agung Muhammad SAW.

Perayaan dengan berbagai acara mulai dari pengajian dan dzikir jamaah sampai permainan dan perlombaan digelar untuk memeriahkan peringatan hari yang dianggap istimewa ini. Pada Sabtu, 09 November 2019 Himpunan Kelurga Serasan (HKS) Ranai Kabupaten Natuna baru saja selesai memperingati hari bersejarah tersebut.

Tahun ini HKS Ranai mengadakan beberapa agenda untuk memeriahkan gawai tersebut. Acara dimulai dengan pawai telur merah bunga rampai diiringi gendang HKS Ranai diikuti oleh warga Serasan dan Serasan Timur yang berdomisili di Ranai. Pawai bermula dari kediaman Ketua Dewan Pembina HKS Ranai, Drs. H. Ilyas Sabli, M.Si menuju Gedung Sri Srindit tempat acara berlangsung.

Fadillah selaku Ketua Panitia Pelaksana dalam laporannya mengatakan acara ini murni dari swadaya anggota HKS Ranai. Kegiatan serupa ini merupakan tahun kelima diadakan oleh HKS Ranai. “Berkat sifat gotong royong yang dimiliki warga HKS Ranai lah sehingga agenda tahunan ini dapat dilaksanakan,” ujarnya.

Untuk konsumsi kata Fadillah, disediakan oleh warga masing-masing dengan cara membawa seperah makanan. Makan seperah ini merupakan kebiasaan masyarakat Serasan. “Jadi kami membuat acara ini seakan-akan kami berada di kampung kami. Acara juga diisi dengan ceramah agama Islam oleh, Drs. H. Ibrahim Yakub,” tuturnya.

Sementera itu, Ketua Umum HKS Ranai, H. Darwandi dan Ketua Dewan Pembina HKS Ranai diwakili oleh Drs. H. Yakub Ismail mengucapkan terima kasih kepada seluruh pengurus dan anggota HKS Ranai yang telah membantu panitia sehingga acara dapat terlaksanakan. “Tentunya dengan harapan acara dapat kite lestarikan,” imbuhnya.

Pantauan koranperbatasan.com acara ditutup dengan penyerahan Nasi Dong oleh pengurus HKS Ranai kepada Drs. H. Ibrahim Yakub, Ketua Dewan Pembina dan Ibu Ketua Dewan Pembina HKS Ranai, Hj. Yusnani Ilyas Sabli, serta penyerahan bantuan kepada anak-anak yatim piatu yang hadir pada acara  tersebut. (KP).


Laporan : Amran