BP2RD Genjot Pembuatan Perda Retribusi Pengelolaan Aset dan Potensi Daerah

oleh -333 views
Ahmad Sofian, SE, M.Si, AK, Plt Kepala BP2RD Natuna

NATUNA (KP) – Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah (BP2RD) Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau, Ahmad Sofian, SE, M.Si, AK mengatakan aset-aset yang dimiliki daerah harus bisa hasilkan kontribusi bagi Natuna.

Kata Sofian, keberadaan aset-aset yang telah dibangun harus secepatnya diberikan payung hukum pengelolaan berupa Peraturan Daerah (Perda) Retribusi.

“Saya tadi habis dari DPRD antar proposalnya. Nah itu tujuannya agar semua aset semua potensi yang ada bisa diberikan payung hukum agar dapat menambah pendapatan bagi daerah kita kedepannya,” kata Sofian kepada koranperbatasan.com diruang dinasnya, Selasa 30 Maret 2021.

Menurut Sofian saat ini banyak aset yang telah selesai di bangun tetapi tidak bisa memberikan kontribusi terhadap pendapatan daerah karena belum ada dasarnya atau paying hukumnya.

Sofian juga menyebutkan selain keberadaan aset belum menghasilkan PAD, kepatuhan masyuarakat membayar pajak juga relatif rendah.

“Iya rendah, mungkin karena masyarakat kita banyak yang tidak tahu informasi, memang cara kita sekarang masih konvensional, jadi memang kurang maksimal,” tuturnya.

Untuk itu, lanjut Sofian, pihaknya akan melakukan terobosan baru menggunakan sistem pemberitahuan bayar pajak dengan online.



“Jadi kita akan menggiatkan informasi lewat media sosial, karena itu yang tidak terbatas jangkauannya,” ujar Sofian. (KP).


Laporan : Sandi Kurniawan