Baznas Natuna Salurkan Zakat Mal Kepada 11 Asnaf Ibnu Sabil

oleh -337 views
Drs. H. Sayed Ridwan Idris, Ketua Baznas Natuna

NATUNA – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau mengadakan penyaluran dana  Zakat Mal kepada 11 orang Asnaf Ibnu Sabil. Pernyataan ini sampaikan langsung oleh Drs. H. Sayed Ridwan Idris selaku Ketua BAZNAS Kabupaten Natuna.

Menurut H. Sayed Ridwan Idris mereka yang diberikan bantuan atas perolehan zakat tersebut adalah dari dakwah dan hendak melanjutkan perjalanan menuju Kota Batam namun kehabisan dana.

“Sehingga kita punya kewajiban membantu, tadi kita bantu sebesar Rp 500 ribu perorang,” katanya menjawab koranperbatasan.com di ruang kerjanya, Senin, 28 Juni 2021.

Kata Sayed, Baznas merupakan lembaga yang tugasnya ialah mengumpulkan zakat Umat Islam. Dari pengumpulan dana zakat itu, dilanjutkan dengan mendistrubusikan kepada yang berhak menerimanya. Terdapat 8 Asnaf yang berhak menerima zakat salah satunya adalah Ibnu Sabil.

“Ketika tadi mereka mengadu ke Baznas kita bantu, karena memiliki hak atas dana zakat itu,” sebutnya.

Ketua Baznas Natuna, H. Sayed Ridwan Idris poto bersama 11 orang Asnaf Ibnu Sabil yang menerima bantuan dari Zakat Mal

Sayed mengingatkan kepada masyarakat khususnya di Kabupaten Natuna, bahwa begitu pentingnya keberadaan Baznas, tempat menampung seluruh Zakat Mal Umat Muslim. Bagi Umat Muslim yang sudah memenuhi haul dan nishof serta milik sendiri maka wajib mengeluarkan zakat sebanyak 2,5% dari pendapatannya.

“Oleh karena itu jangan ragu-ragu mengeluarkan zakat, haul itu waktu, nishof itu jumlah minimal, pendapatan minimal Rp 6 juta perbulan itu wajib zakat, penjelasan lebih lanjut bisa mendatangi Kantor Baznas Kabupaten Natuna,” terangnya.



Untuk Natuna saat ini lanjut Sayed, sebagian besar yang sudah mengeluarkan Zakat Mal dominan dari ASN  60% dan 40% umum.

“Kita akan terus mensosialisasikan kepada masyarakat dalam berbagai bentuk, seperti melalui media elektronik atau langsung turun ke lapangan dengan ceramah-ceramah agama, ini kewajiban seorang Muslim,” tutupnya. (KP).


Laporan : Johan – Hairil