DPMD Natuna Dorong Setiap Desa Bentuk BUMDes

oleh -301 views
Kepala DPMD Kabupaten Natuna, Anrizal Zen, ST

NATUNA (KP) – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau mendorong terbentuknya Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) disetiap desa yang ada diwilayah setempat.

“Kita terus berupaya agar seluruh desa melakukan pengembangan BUMDes,” sebut Kepala DPMD Kabupaten Natuna, Anrizal Zen, ST, kepada koranperbatasan.com Senin, 22 Februari 2021.

Kata Anrizal, bagi desa yang telah memiliki BUMDes harus dapat mengembangkan BUMDes sebagai penggerak ekonomi desa. Pihaknya meminta kepada seluruh kepala desa agar bisa menggali dan meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar melalui keberadaan BUMDes tersebut.

“Jadi kita pada 2021 akan mengupayakan untuk merealisasikan itu, satu desa satu BUMDes,” ujarnya.

Anrizal menghimbau kepada seluruh kepala desa agar BUMDes yang sudah ada di desanya masing-masing dapat dijaga dan dikembangkan semaksimal mungkin.

“Saya juga berpesan untuk tidak mengganti keanggotaan (pengurus) BUMDes yang sudah ada karena mereka baru merintis dan juga luar biasa lelahnya untuk membentuk BUMDes ini agar bisa menjadi lebih berkembang,” katanya.

Menurut Anrizal, jika tidak ada ketegasan mendorong terbentuknya BUMDes disetiap desa, maka kegiatan ekonomi desa akan jalan ditempat karena kurangnya perhatian dari kepala desa.



“Ini semua menjadi penting, kalau mereka mau membentuk BUMDes, mau tidak mau ada perubahan orientasi soal potensi desa yang ada,” imbuhnya.

Karena lanjut Anrizal untuk mengukur kinerja kepala desa tidak hanya dilihat dari sisi perkembangan infrastrukturnya saja, melainkan pembentukan dan pengelolaan BUMDes.

“Kalau belum mulai-mulai itu menandakan pemerintah desa belum baik,” tegasnya. (KP).


Laporan : Boy Iqbal


 


Memuat...