Dinas Pertanian Ajukan Kesiapan Dokumen Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan

oleh -421 views
Marwan Sjah Putra S.TP Kadis Pertanian Natuna

NATUNA (KP) – Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Natuna, Provinsi Kepualauan Riau, Marwan Sjah Putra S.TP, mengatakan pembentukan dokumen Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan (LP2B) harus segera direalisasikan.

Kata Marwan, karena dokumen tersebut merupakan syarat mutlak pemerintah daerah mendapatkan Dana Alokasi Khusus (DAK).

“Jadi memang LP2B ini adalah salah satu syarat mutlak pemerintah pusat terhadap pemerintah daerah untuk memperoleh anggaran DAK dalam memenuhi kebutuhan para petani,” katanya kepada koranperbatasan.com diruang dinasnya, Selasa 6 April 2021.

Dijelaskan Marwan, tujuan dari dokumen LP2B adalah mewujudkan pertanian secara berkelanjutan atau jangka panjang bagi masa depan para petani.

“LP2B ini semacam dokomen tanah diperuntukan untuk lahan pertanian. Memang agak susah untuk kita meyakinkan para petani, tapi demi meminimalisir pengurangan lahan pertanian, lagi pula untuk yang LP2B ini petani bakal mendapat reward atau insentif hadiah seperti bantuan pupuk obat-obatan dari pusat langsung,” jelasnya.

Menurut Marwan, dengan adanya status lahan LP2B tersebut maka pihak pemilik lahan tidak bisa mengalih fungsikan.

“Jadi tujuannya itu mendukung pemerintah pusat dalam hal meningkatkan lahan pertanian dan pangan secara berkelanjutan,” tuturnya.



Oleh karena itu lanjut Marwan sangat diperlukan kerjasama antar perangkat lainnya karena pembangunan ini tidak bisa dikerjakan sendiri.

“Perlu dukungan dari pihak-pihal lainnya. Dalam hal ini kami sudah mengajukan ke BP3D untuk perencanaan pembiayaan dokumen ini, insyaalah APBD Perubahan nanti kemungkinan bisa,” terangnya. (KP).


Laporan : Sandi Kurniawan