Apresiasi STAI Natuna Siap Jalin Kerjasama Kembangkan Aplikasi ePusda Natuna

oleh -506 views
H. Umar Natuna, S.Ag, M.Pd.I, Pembina Yayasan Abdi Umat Kabupaten Natuna

NATUNA – Pembina Yayasan Abdi Umat, H. Umar Natuna, S.Ag, M.Pd.I menyambut baik trobosan yang dilakukan pemerintah daerah melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Natuna, dalam rangka meningkatkan literasi masyarakat.

Trobosan itu berupa sebuah aplikasi bernama ePusda Natuna (Natuna Digital Library) berbasis online yang bisa didapatkan di Play Store.

Menurut Umar, pentingnya peningkatan literasi bagi masyarakat agar memiliki pengetahuan serta memahami apa yang dibaca. Setalah memahami tentu timbullah kemampuan dan keterampilan sehingga memiliki nilai.

“Kita inikan baru membaca data atau informasi, belum menjadi pengetahuan. Dari data atau informasi itu diolah lagi menjadi pengetahuaan. Setelah adanya  pengetahuan harus dipahami, baru itu disebut dengan kekayaan intelektual,” katanya menjawab koranperbatasan.com di STAI Natuna, Rabu, 07 Juli 2021.

Umar menjelaskan, peningkatan literasi masyarakat tentu menjadi sebuah tantangan. Apalagi Kabupaten Natuna berada diwilayah perbatasan. Kelamahan yang sering terlihat itu hanya menerima informasi dan tidak diolah menjadi sebuah pengetahuan.

Oleh karena itu alangkah baiknya, dinas terkait menggandeng putra-putri terbaik daerah agar menciptakan buku-buku yang menyentuh kepentingan daerah.

H. Umar Natuna, S.Ag, M.Pd.I, Pembina Yayasan Abdi Umat Kabupaten Natuna poto bersama wartawan koranperbatasan.com usai memberikan keterangan terkait Aplikasi ePusda Natuna.

“Hendaknya, dinas terkait menggandeng penulis-penulis Natuna untuk menciptakan buku-buku tentang potensi, khazanah budaya dan sastra daerah. Kembangkan sejarah, budaya, tradisi, potensi SDA, dan prospek Natuna kedepan. Undang mereka, galakkan bedah buku,” ujarnya.



Adapun contohnya, lanjut H. Umar, Natuna memiliki kekayaan tradisi dan seni budaya seperti Langlang Buana dan Ayam Sudur yang hampir punah namun tidak dibukukan.

“Tidak ada yang memvidiokan dari awal kemudian ditulis menjadi sebuah buku. Konten seperti ini bisa di produksi. Mendekatkan masyarakat dengan membaca buku seperti itu cepat, karena rasa ingin tahu lebih dalam,” tutur Umar.

Dalam upaya mendukung trobosan itu kata Umar, rencananya Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Natuna akan bekerjasama dengan dinas terkait terutama tentang konten dan judul-judul buku.

“Buku-buku di sini agak eksklusif, sedikit lebih kepada pendidikan dan ekonomi. Mungkin kita nanti ada kerjasama untuk saling melengkapi. Saling terhubung supaya literasi ini menjadi hal yang penting karena kita berada di era digitalisasi,” tuturnya.

H. Umar Natuna berharap, aplikasi ePusda Natuna bisa diakses secara terbuka oleh masyarakat khususnya Kabupaten Natuna.

“Ada upaya menambah konten atau isi informasi yang berkaitan dengan potensi Natuna. Serta kerjasama dengan penulis-penulis lokal untuk mengembangkan program ini,” tutupnya. (KP).


Laporan : Hairil