Terbentuk Jadi RT Baru Rumah Khusus Semintih Masuk RW Segeram

oleh -418 views
Kasmiati Ketua RT 003 RW 007 terpilih menyampaikan sambutan

NATUNA – Warga penerima manfaat rumah khusus Semintih, mengadakan pembentukan sekaligus pemilihan Ketua RT baru, Senin, 08 November 2021 malam. Kasmiati terpilih sebagai Ketua RT 003 Semintih periode 2022-2024. RT 003 Semintih ini masuk dalam kawasan RW 007 Kampung Segeram.

Pembentukan RT baru tersebut dilakukan setelah mendapat persetujuan dari Lurah Sedanau, Kecamatan Bunguran Barat, berdasarkan surat edaran dari Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan Kabupaten Natuna, tertanggal 01 November 2021.

Lurah Sedanau, Mukhrizal, pun membenarkan hal tersebut. Katanya surat yang mereka terima untuk menyerahkan administrasi kependudukan masyarakat penerima manfaat rumah khusus Semintih.

“Jadi saya langsung menyarankan kepada penduduk Semintih supaya memilih Ketua RT, untuk kepengurusan administrasi kependudukannya,” ungkap Mukhrizal kepada koranperbatasan.com melalui pesan WhatsApp, Jum’at, 05 November 2021.

Sebelum terbentuk menjadi RT warga penerima manfaat rumah khusus Semintih juga dipimpin oleh Kasmiati. Kasmiati merupakan salah satu penerima manfaat rumah khushus Semintih yang mendapat mandat dari Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan Kabupaten Natuna sebagai koordinator sejak 30 April 2021 lalu.

Warga penerima manfaat rumah khusus Semintih.

Setelah terbentuk menjadi RT baru dan terpilih sebagai Ketua RT, Kasmiati mengaku akan bekerja sungguh-sungguh. Ia bertekat menciptakan kehidupan yang sejahtera, karena hampir 70 persen penduduk Semintih berprofesi sebagai nelayan. Sayangnya Ibu Rumah Tangga (IRT) belum memiliki usaha rumahan atau UMKM.

“Saya akan memperjuangkan supaya ibu-ibu disini bisa memiliki penghasilan, untuk membantu ekonomi keluarga,” ungkapnya.



Dengan sudah terbentuknya RT baru, Kasmiati berharap adanya perhatian dari pemerintah daerah terhadap perkembangan Semintih kedepan maupun kehidupan warga setempat.

“Sekarang kami sudah terbentuk, tolong toleh lah kami di Semintih ini ada warga dan jiwa,” pungkasnya.

Sejalan dengan itu, anggota Dewan Perwakilan Rakyat Dearah (DPRD) Kabupaten Natuna, Lamhot Sijabat yang menghadiri kegiatan tersebut menyambut baik antusias penduduk Semintih  yang telah mengadakan pembentukan RT baru.

“Sebelumnya saya ucapkan terima kasih atas undangan dari masyarakat Semintih dan sudah antusias dalam memilih RT,” sebutnya.

Menurut Sekretris Komisi III DPRD Natuna yang akrab disapa Jabat itu, peran RT sangat penting untuk menjembatani kesatu kelurahan maupun desa. Ketua RT terpilih harus mengetahui dan memahami tugas pokok dan fungsi (tupoksi).

“Demi membangun Semintih kedepan, saya bisa sharing dengan ibu RT dan masyarakat disini. Rumah saya juga tidak jauh dari sini,” tuturnya.

Ia berharap kedepan Semintih yang juga masuk dalam kawasan RW Kampung Segeram bisa berkembang, bahkan bisa menjadi desa.

“Harus kita usahakan, makanya tergantung RT, namanya “jemput bola”, nanti saya juga perhatikan, sedikit banyak pasti saya bantu,” tutupnya. (KP).


Laporan : Johan