Basarnas Natuna Beri Pelatihan SAR Kepada Anak TK

oleh -192 views
Salah satu anak TK Negeri Bunguran Batubi saat mencoba permainan Flying Fox di Kantor Basarnas Natuna (Foto : Humas Basarnas).

NATUNA – Dalam rangka meningkatkan pengetahuan bagi Anak Taman Kanak-kanak (TK), Kantor Pencarian dan Pertolongan (KPP) Basarnas Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau berikan edukasi penyelamatan maupun jenis-jenis bahaya yang dapat menimbulkan korban jiwa.

Kepala KPP Basarnas Natuna, Mexianus Bekabel mengatakan, pihaknya telah memberikan edukasi kepada anak-anak TK Negeri Bunguran Batubi terkait cara penyelamatan maupun jenis-jenis bahaya yang dapat menimbulkan korban jiwa.

“Memberikan pengetahuan tentang keselamatan jiwa,” kata Mexianus saat dihubungi melalui telepon genggam, Selasa, 23 November 2021.

Ia menjelaskan, rangkain pelatihan tersebut memperlihatkan video bagaimana cara menyelamatkan orang, serta diri sendiri ketika mengalami hal-hal yang membahayakan jiwa.

“Memperlihatkan video animasi tugas-tugas Basarnas, memperkenalkan kondisi yang dapat membahayakan jiwa manusia,” ungkap Mexianus.

Anak TK Negeri Kecamatan Bunguran Batubi saat mencoba salah satu alat SAR milik KPP Basarnas Natuna.

Selain memperlihatkan video lanjut Mexi sapaan akrab Kepala KPP Basarnas Natuna, anak-anak tersebut juga dikenalkan dengan perlatan keselamatan, baik itu peralatan keselamatan di laut maupun di darat.

“Seperti life jacket, perlatan selam, perahu karet, tandu, dan diberikan kesempatan untuk mencoba peralatan tersebut,” terangnya.



Kata Mexi, setelah pihaknya selesai memperkenalkan alat-alat keselamatan, anak-anak langsung di ajak bermain permainan flying fox yaitu permainan meluncur di udara menggunakan tali.

“Mereka juga diberi permainan untuk merangsang andrenalin,” pungkasnya.

Mexi berharap pelatihan yang diberikan bisa menjadi pembelajaran yang positif dan dapat digunakan ketika suatu saat dibutuhkan.

“Pencarian dan pertolongan Natuna selalu terbuka pintu untuk kedatangan siswa-siswi TK, SD, SMP, SMA dan perguruan tinggi, baik untuk mengedukasi mampu berbagi pengetahuan tentang SAR,” tandasnya. (KP).


Laporan : Hairil