Disparbud Natuna Sambut Baik Geopark Natuna Menuju RPJMN 2021

oleh -252 views
Kardiman, SE, Kepala Bidang Pemasaran Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Natuna

NATUNA (KP),- Terkait masuknya Geopark Natuna dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2021 di Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemanparekraf) yang tersebar di berbagai media sosial, dalam hal ini Kepala Bidang Pemasaran Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau, Kardiman, SE., mewakili Kepala Dinas H. Hardinansyah, SE, M. Si., menyambut baik atas dukungan tersebut.

Saat ditemui media ini, Kamis 25 Februari 2021, Kardiman membenarkan dan menyambut baik akan dukungan dari pemerintah pusat tersebut. “Ya memang benar, tapi kan secara inikan belum sampai ke kami hanya pernyataan dari media sosial saja. Belum dapat kami pegang, karena dokumen RPJMN kan belum ada, mungkin sejauh ini masih dalam proses lah dari kementerian,” kata kardiman pada koranperbatasan.com di ruang dinasnya, Kamis 25 Februari 2021.

Menurut Kardiman dengan adanya dukungan ini, bisa membuat Geopark Natuna semakin berkembang dan dikenal oleh masyarkat secara nasional.  “Selama ini Geopark Natuna memang belum ada dukungan dari pemerintah pusat maupun provinsi, dan bentuk realisasi belum ada hanya mengandalkan APBD”, tuturnya.

Untuk saat ini tambah Kardiman, Geopark Natuna sedang menuju UNESCO Global Geopark dan berbagai persiapan telah dilakukan oleh dinas pariwisata untuk mengikuti ajang yang bergengsi itu. “Adapun persiapan yang harus dipenuhi adalah Dossier yang merupakan dokumen yang berisi persiapan atau kelengkapan administrasi yang di dalamnya termasuk pengelola di geosite,” tambahnya.

Terakhir, Kardiman berharap sertifikat UNESCO Global Geopark bisa dikejar dan diraih oleh Geopark Natuna. “Mengharap dukungan dari semua pihak baik itu dari sisi pemerintah maupun masyarakat. Saat ini alhamdulillah kita di bantu oleh Kodim 0318 Natuna. Semalam itu ada pembekalan kepada 40 babinsa untuk pembekalan materi Geopark Natuna. Nah, dukungan seperti itu yang kami harapkan,” harapnya. (KP).


Laporan : Sandi





Memuat...