Bantuan Sosial APBN Tunggu Validasi Data Bansos APBD Cair Awal April

oleh -267 views
Puryanti, SP Kepala Dinas Sosial Kabupaten Natuna

NATUNA (KP) – Kepala Dinas Sosial (Kadinsos) Kabupaten Natuna, Provinsi Kepri, Puyanti, SP, mengatakan bantuan sosial (bansos) tahun 2021 yang bersumber dari alokasi Anggaran Pendapatan Belanja Nasional (APBN) terhitung sejak Januari-Februari telah suskses disalurkan.

Kata Puryanti, bantuan pemerintah di masa pandemi Covid-19 melalui bansos itu terdiri dari PKH Program Sembako maupun BST. Sedangkan untuk bulan Maret ini, belum ada yang disalurkan.

Menurutnya, belum tersalurnya bansos dari APBN untuk bulan Maret dikarenakan pemerintah pusat masih menunggu validasi data penerima yang diusulkan dari pemerintah daerah.

“Kemarin kami diberi waktu untuk memvalidasi data yang bermasalah, seperi NIK dan nama penerima tidak sesuai. Tetapi, alhamduillah sudah kami selesaikan semua, dan saat ini kita tinggal menunggu,” kata Puryanti kepada koranperbatasan.com diruang dinasnya, Jumat 26 Maret 2021.

Sedangkan bansos dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APDB) bagi penerima diwilayah kelurahan, Puryanti menerangkan saat ini masih menunggu proses pencairan.

“Jumlah penerima Bansos di kelurahan sebanyak 833 KK. Proses penyaluran kali ini kita bekerjasama dengan pihak Bank Riau. Kenapa kita buat seperti ini?, agar penyalurannya tetap melalui non tunai. Pembukaan rekening penerima sudah selesai dan kita sudah berkoordinasi dengan pihak BPKAD, insyaallah awal April nanti disalurkan,” terangnya.

Dijelaskan Puryanti, sistem penyaluran bansos pada tahun 2021 ini tidak ada perubahan, secara mekanisme penyalurannya tetap mengikuti aturan-aturan seperti tahun-tahun sebelumnya.



“Mekanisme penyuluran Bansos dari APBN di tahun ini masih seperti tahun-tahun sebelumnya. Tetapi untuk APBD penyalurannya kita melalui Bank Riau tidak melalui Kantor Pos lagi,” jelasnya.

Selain dapat digunakan dengan baik, Puryanti juga berharap bantuan sosial ini memberikan manfaat bagi para penerima dan terbantunya perekonomian masyarakat selama masa pandemi Covid-19.

“Saya berpesan kepada masyarakat penerima agar bansos ini digunakan dengan sebaik mungkin. Gunakanlah untuk kebutuhan sehari-hari ditengah pandemi Covid-19 ini,” harapnya. (KP).


Laporan : Riduan


 


Memuat...