Sinergitas Smartfren Bersama Teman Kreasi Natuna dan Karang Taruna Desa Sepempang Gelar Seminar Digital

oleh -225 views

NATUNA (KP) – Teman Kreasi Natuna dan Karang Taruna Desa Sepempang bersama Smarfrent mengadakan seminar digital dengan tema Pemanfaatan Internet Positif untuk Organisasi, Individu dan UMKM. Kegiatan tersebut bertujuan menciptakan peluang sebesar-besarnya dengan memanfaatkan internet dalam usaha individu maupun suatu organisasi.

Arif Naen selaku narasumber dan Ketua Karang Taruna Desa Sepempang mengatakan, pemanfaatan internet terhadap usaha UMKM tentu sangat besar sekali jika dimanfaatkan seperti untuk promosi pada suatu produk UMKM.

“Tentu banyak sekali kemudahan yang didapat. Jadi dari definisi internet saja kita sudah bisa melihat bahwa internet bisa menghubungkan pengguna di seluruh dunia. Internet menjadi suatu peluang besar bagi pelaku UMKM,” kata Arif Naen di Natuna Dive Resort (NDR), Senin 03 Mei 2021.

Menurut Arif, internet hadir memberikan banyak kemudahan bagi pelaku usaha kecil seperti bisa dengan lebih mudah mempromosikan produk-produk serta membangun target pasar dari produk UMKM yang dimiliki.

Selain bermanfaat bagi UMKM, internet bahkan bisa lebih mudah memperkenalkan program-program dari sebuah organisasi.

“Bisa juga memperkenalkan program-program ataupun kegiatan-kegiatan yang kita lakukan sehingga bisa memperluas jaringan bisa menambah partner misalnya suatu kegiatan kami yang tidak menutup mungkin bisa dilihat oleh komunitas besar lain bahkan juga bisa mengandung daya tarik orang untuk mengetahui kita lebih dalam,” ungkapnya.



Contohnya, lanjut Arif seperi kegiatan yang dilakukan oleh Karang Taruna Desa Sepempang yang murni dilakukan melalui media sosial.

“Contoh donasi yang kami laksanakan yang  murni dari media sosial dan bahkan dari kegiatan tersebut saudara kita yang berada di luar negeri Malaysia ikut membantu mendonasikan jadi inilah bukti nyata dari pemanfaatan internet media sosial dan alhamdulillah sekarang dana yang sudah terkumpulkan oleh kami sebesar Rp 6 juta lebih,” pungkasnya.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Natuna, Raja Darmika yang menghadiri kegiatan tersebut menegaskan pemanfaatan media sosial harus benar-benar dimanfaatkan dengan sebaik-baik mungkin untuk bisa menciptakan sebuah peluang baru baik itu secara individu maupun organisasi.

Raja Darmika juga mengingatkan dengan mudahnya akses informasi di era sekarang, masyarakat  harus berhati-hati dan lebih bijak dalam bermedia sosial.

“Dengan gampangnya memperoleh informasi kita harus bijak karena kalau tidak bijak maka bisa menjadi dampak negatif, caranya adalah dengan lebih banyk literasi mengenai internet dan media sosial agar tidak tersandung dengan hokum,” tuturnya.

Raja Darmika menghimbau agar setiap orang mempelajari lebih jauh kebenaran informasi yang diperolehnya sebelum disampikan ke orang lain.

“Baca betul-betul informasi tersebut kalau itu tidak baik jangan disebarluaskan agar tidak tersandung dengan hukum dan juga harus selalu waspada dengan yang kita share bagusnya kita saring dulu informasi tersebut agar tidak salah informasi,” tegasnya.

Sejalan dengan itu, Manajer Brand Smartfren, Febrian yang juga menghadiri kegiatan tersebut dalam sambutannya memastikan sebagai provider kedepan sebaik mungkin akan memberikan pelayanan kepada masyarakat Natuna.

“Jadi kami juga berharap kedepan smartfren bisa lebih memberikan pelayanan kepada masyarakat untuk berinternet. Jadi dalam rencana juga kedepan akan di bangun 3 BTS Smartfren di Natuna untuk itu kami berharap bisa memberikan pelayanan yang lebih baik lagi kedepannya,” pungkas Febrian.

Selaku penyelenggara kegitan, Direktur Teman Kreasi Natuna, Sirojudin berharap pemanfaatan internet harus betul-betul dilakukan agar bisa menciptakan suatu peluang baru dengan kreatifitas dan gagasan yang dimiliki.

“Seperti kerajinan rotan asal Natuna ini kami juga kerap membantu mempromosikanya lewat media sosial,” tutupnya. (KP).


Laporan : Sandi Kurniawan