Disperindag Natuna Masih Menerima Pengajuan Bantuan Produktif Usaha Mikro

oleh -895 views
Mirna Susanti, SE, Kasi Usaha Mikro Disperindag Natuna

NATUNA (KP) – Kasi Usaha Mikro Dinas Perindustrian Perdagangan, Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau, Mirna Susanti, SE, mewakili Kadisperindag mengatakan bagi masyarakat pelaku UMKM masih bisa mengajukan Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM).

Kata Mirnam saat ini bantuan yang diperuntukkan guna membantu masyarakat dalam kegiatan usaha tersebut telah masuk pada pengiriman data di tahap 3, sedangkan pencairan sudah masuk tahap 17.

“Untuk pengiriman datanya dari kita sekarang ini sudah sampai pada tahap 3, kalau pencairannya di Bank BRI itu udah masuk pada tahap 17,” kata Mirna kepada koranperbatasan.com di ruang kerjanya, Kamis 03 Juni 2021.

Mirna menjelaskan masyarakat yang ingin mengajukan bantuan tersebut masih ada waktu namun harus memiliki surat keterangan usaha dari desa maupun kelurahan setempat.

“Untuk syaratnya tentu harus memiliki Surat Keterangan Usaha (SHU), KTP, KK dan besar bantuan yang didapat Rp1,2 juta,” jelasnya.

Menurut Mirna, sebelumnya bantuan tersebut bisa diajukan melalui Bank BRI dan Pegadaian, sekarang melalui kebijakan pemerintah pusat semua difokuskan satu pintu yakni Dinas Perindustrian Perdagangan, Koperasi dan Usaha Mikro.



“Betul kemarin itu jadi agak kacau karena dari BRI dan Pegadaian juga bisa mengajukan bantuan itu, tapi sekarang pemerintah pusat lewat kementrian fokusnya itu ke dinas saja,” ungkapnya.

Mirna memastikan batuan tersebut bisa diajukan oleh siapapun asal memiliki usaha dan memenuhi persyaratan kecuali PNS, TNI, dan Polri.

“Terkecuali bagi PNS, TNI-Polri dan yang sedang meminjam KUR itu tidak bisa menerima bantuan tersebut,” pungkasnya.

Dalam hal ini, Mirna berharap setiap masyarakat yang telah menerima bantuan tersebut bisa menggunakannya dengan baik dalam kegiatan usahanya.

“Kami berharap kepada bantuan tersebut betul-betul bisa digunakan sebaik-baiknya oleh masyarakat untuk membantu dalam kegiatan usaha,” pintanya. (KP).


Laporan : Sandi – Hamzah