Dapatkan Ribuan Buku Bacaan Kesukaan Anda Melalui Aplikasi ePusda Natuna

oleh -546 views
Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Natuna, Ir. Basri, M.Si menjelaskan keunggulan ePusda Natuna kepada wartawan koranperbatasan.com di ruang dinasnya, Senin, 05 Juli 2021

NATUNA – Salah satu trobosan yang dilakukan pemerintah daerah melalui dinas teknis dalam meningkatkan minat baca masyarakat terkait layanan perpustakaan ialah meluncurkan aplikasi bernama ePusda Natuna (Natuna Digital Library) berbasis online yang bisa didapatkan di Play Store.

Menurut Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau, Ir. Basri, M.Si aplikasi tersebut diupayakan dalam rangka mengantisipasi penyebaran Covid-19.

Himbauan kemudahan membaca di masa pandemi Covid-19 oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Natuna melalui ketersedian aplikasi ePusda Natuna.

Kata Basri, ePusda Natuna merupakan sebuah inovasi untuk mempermudah masyarakat yang ingin membaca buku di masa pandemi Covid-19.

“Tentunya dimana saja, bahkan di rumah kita bisa membaca buku melalui aplikasi ePusda Natuna. Fasilitas ini sangat menarik, jadi tidak mesti datang ke perpustakaan baru bisa baca,” katanya menjawab koranperbatasan.com di ruang dinasnya, Senin, 05 Juli 2021.

Basri menjelaskan, saat ini ePusda Natuna sudah diakses oleh hampir 1.000 orang pembaca dengan ketersediaan 6.000 buku dari berbagai jenis katagori. Dengan membaca tentu juga sebuah perwujudan mencerdaskan kehidupan bangsa serta memberikan kontribusi terhadap daerah.

Basri memastikan untuk mendapatkan akses ePusda Natuna tidaklah sulit, bahkan bisa menggunakan barcode. Adapun ketentuan yang harus dilengkapi ialah administrasi, salah satunya mendaftarkan akun dengan identitas diri yang benar.

Banner himbauan cara mendownload aplikasi ePusda Natuna sekaligus mendaftarkan diri untuk bisa mengakses aneka buku bacaan melalui android pada Play Store.

“Disertai identitas itu dikarenakan setiap tahunnya kita membuat laporan penyelenggaraan pemerintah daerah berupa rasio minat baca dan kunjungan perpustakaan serta lainnya,” ungkap Basri.



Basri melanjutkan, selain dari itu juga sebagai indikator untuk mengukur Indek Pembangunan Manusia (IPM) dalam upaya membangun kualitas hidup masyarakat, yang harus dilaporkaan pimpinan daerah setiap tahun, bahkan dimasa jabatannya naik atau turun IPM-nya,” terang Basri.

Basri berharap, ePusda Natuna bermanfaat bagi masyarakat dalam meningkatkan ilmu pengetahuan.

“Untuk putra-putri daerah yang sedang menempuh dunia pendidikan bisa memanfaatkan buku-buku yang ada dalam aplikasi ePusda Natuna ini sebagai referensi,” tutupnya. (KP).


Laporan : Johan