Sejak Januari, TRC BPB Damkar Natuna Evakuasi 73 Sarang Tawon Jenis Vespa

oleh -174 views
Tim Reaksi Cepat BPB Damkar Natuna saat megevakuasi salah satu sarang tawon di Desa Sepempang, Kamis, 09 September 2021

NATUNA – Terhitung sejak bulan Januari sampai dengan September tahun 2021, Tim Reaksi Cepat (TRC) Bidang Penanggulangan Bencana (BPB), telah mengevakuasi sebanyak 73 sarang tawon jenis Vespa di kecamatan yang berada di seputar Pulau Bunguran Besar.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Kepala Sesi Kedaruratan, Logistik, Rehabilitasi dan Rekonstruksi, Bidang Penanggulangan Bencana, Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Natuna, Provinsi Kepri, Elkadar Lismana, SAP, M.Si, menjawab koranperbatasan.com, Senin, 13 Sepetember 2021.

Menurutnya, jumlah tersebut sangat signifikan, dimana faktor penyebabnya ialah penebangan pohon di hutan. Kemudian sering terjadinya kebakaran hutan dan lahan, sehingga tawon bermigrasi kekawasan kota.

Oleh kaerena itu, diharapkan kepada masyarakat untuk melaksanakan gotong royong, membersihkan perkarangan dan lingkungan sekitar, serta memangkas pohon yang terlalu rindang.

“Tindakan pencegahan yang dilaksanakan oleh TRC BPB ialah melaksanakan sosialisasi, himbauan, pemantauan dan patroli dikawasan yang dianggap rawan terhadap munculnya sarang tawon,” tutupnya. (KP).


Laporan : Johan