Sempat Menyerang, Sarang Tawon di Pohon Tinggi Berdekatan Kabel PLN Berhasil Dievakuasi

oleh -251 views
Petugas TRC BPB Damkar Natuna sedang evakuasi sarang tawon di malam hari

NATUNA – Sarang tawon sebesar bola basket berada di atas pohon seputar perkarangan rumah warga di Kelurahan Ranai Darat, Kecamatan Bunguran Timur, Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau, berhasil dievakuasi oleh Tim Reaksi Cepat (TRC) Bidang Penanggulangan Bencana (BPB) Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Natuna.

Sebelumnya, tawon yang bersarang di atas pohon itu diketahui sempat menyerang salah satu pemilik rumah. Atas kejadian tersebut, membuat penghuni rumah dan warga sekitar merasa resah.

“Operasi evakuasi sarang tawon digelar setelah petugas TRC BPB Damkar Natuna mendapat laporan dari warga setempat,” sebut Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Natuna Syawal, SE melalui Kepala Seksi Kedaruratan, Logistik, Rehabilitasi, dan Rekonstruksi Bidang Penanggulangan Bencana, Elkadar Lismana, SAP., M.Si kepada koranperbatasan.com melaui telepon saluler, Senin, 25 Oktober 2021.

Kata Elkadar, posisi cukup tinggi dan jarak yang berdekatan dengan kabel PLN, sempat membuat TRC BPB Damkar Natuna kesulitan untuk mengevakuasi sarang tawon tersebut.

“Petugas lakukan evakuasi menggunakan bambu disertai api untuk menggapai sarang tawon,” terang Elkadar.

Elkadar menuturkan, saat melakukan proses evakuasi, tim dilengkapi dengan sarung tangan dan masker wajah. Terlihat beberapa ekor tawon berukuran besar berwarna hitam pekat keluar dari sarangnya.

“Evakuasi sarang tawon di atas pohon seputar perkarangan rumah warga, sudah yang kesekian kalinya dilakukan,” tuturnya.



Diakui Elkadar, beberapa waktu yang lalu TRC BPB Damkar Natuna juga telah melaksanakan operasi sarang tawon, di Gang Urai Aspar dan Gang Hasan Ramli.

“Operasi sarang tawon ini berbagai macam, ada di bawah atap rumah sehingga kami menggunakan tangga. Bahkan ada juga kami panjat pohon karena sarang tersebut berada di atas pucuk pohon,” pungkasnya. (KP).


Laporan : Johan