Jelang Konfercab III, PWI Natuna Buka Formulir Pendaftaran Anggota Baru

oleh -246 views
Plt Ketua PWI Natuna, M Rapi (tengah) didampingi Sekretaris PWI Natuna, Darlis dan Bendahara PWI, Herman

NATUNA – Pelaksana tugas (Plt) Ketua PWI Kabupaten Natuna, M. Rapi mengatakan bagi wartawan yang ingin menjadi anggota organisasi profesi Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) terlebih dahulu harus mengikuti pelaksanaan Orientasi Kewartawanan dan Keorganisasian (OKK).

Hal itu kata Rapi, sesuai dengan Pasal 3 Peraturan Dasar Peraturan Rumah Tangga (PDPRT) PWI. Syarat lainnya yaitu aktif bekerja sebagai wartawan pada perusahaan media yang berbadan hukum pers.

Kemudian, tidak pernah di hukum oleh pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap akibat melakukan tindak pidana yang bertentangan dengan martabat dan profesi kewartawanan serta menyatakan tunduk dan taat terhadap segala peraturan PWI.

“Untuk menjadi anggota PWI kategori muda di daerah mana saja termasuk Kabupaten Natuna biasanya memang terlebih dahulu para jurnalis harus menempuh tahapan OKK dengan ketentuan persyaratan sesuai PDPRT hasil Kongres PWI XXIV di Solo,” ungkap Rapi saat membahas persiapan Konfercab III PWI Natuna, Rabu, 17 November 2021.

Namun dirinya menambahkan saat ini ada kemudahan untuk bisa bergabung menjadai anggota PWI. Menurutnya bagi wartawan yang sudah lulus UKW boleh mengajukan permohonan untuk bergabung sebagai anggota PWI.

“Untuk wartawan yang belum UKW boleh saja memasukan permohonan untuk bergabung dengan PWI sebagai simpatisan menunggu mereka lulus dan meliki kartu dan sertifikat UKW dari Dewan Pers. Kalau mereka sudah lulus UKW hanya tinggal melengkapi berkas dan kita ajukan untuk menjadi anggota PWI tingkat muda,” terang Rapi.

Wartawan tersebut lanjut Rapi, bersedia mematuhi Undang Undang Pokok Pers Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers, dan Kode Etik Jurnalistik (KEJ), Pedoman Pemberitaan Ramah Anak (PPRA), sejarah dan organisasi PWI.



“Bagi rekan-rekan wartawan yang sudah kompeten ingin bergabung silakan menghubungi pengurus PWI Natuna untuk mendapatkan formulir pendaftaran,” tutupnya. (KP).


Laporan : Johan