Damkarmat Natuna Berikan Edukasi Kepada Siswa MTs Baburrahman

oleh -154 views
Siswa MTs Baburrahman Air Lengit saat mengikuti simulasi.

NATUNA – Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarmat) Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau berikan sosialisasi dan edukasi kepada siswa siswi Madrasah Tsanawiyah (MTs) Baburrahman Air Lengit, Kecamatan Bunguran Tengah, Kamis 16 Juni 2022.

Giat yang berlangsung di lingkungan Kantor Dinas Damkarmat Natuna tersebut, diikuti sebanyak 10 siswa dan 6 siswi.

Menurut Kepala Dinas Damkarmat Natuna, Syawal, SE sebelum terjadinya kebakaran hal penting dan utama yang harus dilakukan adalah upaya pencegahan kebakaran seperti memberikan pemahaman bahaya resiko kebakaran melalui sosialisasi kepada masyarakat maupun pelajar sedini mungkin.

“Contohnya jangan ada api menyala saat meninggalkan kebun, ingat ada sangsi yang tegas terhadap warga yang dengan sengaja membakar hutan dan lahan, dilarang membersihkan lahan dengan cara pembakaran,” sebut Syawal kepada koranperbatasan.com.

Penyampaian materi kepada siswa siswi MTs Baburrahman Air Lengit.

Berbagai simulasi dilakukan seperti cara penggunaan APAR dan fireblanket (handuk basah). Tampak guru dan siswa siswi sangat antusias dalam mempraktikkan secara langsung, bagaimana cara memadamkan api berskala ringan dengan menggunakan APAR, fireblanket dengan mudah dan benar, serta tidak panik apabila terjadi kebocoran gas. Simulasi pun berjalan dengan lancar hingga selesai.

Adapun pemateri dalam giat Dinas Damkarmat Natuna kali ini yakni Kasi Peningkatan Kapasitas Aparatur Syahbirin, S.Ag, Kasi Penyelamatan dan Evakuasi Elkadar Lismana, SAP., M.Si, serta Kasi Sarana dan Prasarana Informasi dan Pengolah Data Nurhakim, A.Md.

Turut hadir Kepala MTs Baburrahman, Hadiatussa’adah, M.Pd dan para guru MTs Baburrahman. (KP).




Laporan : Johan