Pendaftaran Sunat Massal Gratis Baznas Diperpanjang, Kapus Ranai Siapkan 25 Tenaga Kesehatan

oleh -194 views
Ketua Baznas Kabupaten Natuna, Drs. H. Sayed Ridwan Idris.

NATUNA – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Natuna, Provinsi Kepualauan Riau memperpanjang masa pendaftaran sunat massal gratis, mulai dari tanggal 20 sampai dengan 21 Juni 2022 mendatang.

Hal tersebut menimbang pandaftaran yang telah dibuka pada tanggal 13 sampai dengan 17 Juni 2022 lalu, belum memenuhi koata maksimal calon peserta.

“Kemarin hari Jum’at pendaftaran mencapai 70 orang, sementara target kita 100 orang. Oleh karena itu kita memberikan kesempatan Senin sampai Selasa untuk mendaftar dan setelah itu ditutup berapa pun jumlahnya,” sebut Ketua Baznas Kabupaten Natuna, Drs. H. Sayed Ridwan Idris kepada koranperbatasan.com, Sabtu 18 Juni 2022.

Sayed Ridwan menjelaskan, saat ini calon peserta yang sudah mendaftarkan diri berasal dari berbagai kecamatan seperti Bunguran Timur, Bunguran Tengah, Bunguran Batubi dan Bunguran Selatan. Mengingat sunat massal gratis ini untuk kecamatan se-Kabupaten Natuna, maka diberikan kemudahan bagi yang ingin mendaftarkan diri sebelum koata maksimal calon peserta terpenuhi.

“Kita memberikan kesempatan untuk semua, mungkin orang tua di Serasan atau Midai tetapi anak maupun cucunya ada disini (Bunguran Timur). Persyaratan berupa Kartu Keluarga dan KTP orang tua serta surat keterangan kurang mampu dari RT/RW setempat bisa dikirim dalam bentuk format pdf ke nomor kontak Whats App saya 081372258410,” terangnya.

Kata Sayed Ridwan, untuk pelaksanaan direncanakan akan berlangsung pada tanggal 25 Juni 2022 mendatang di Gedung Sri Serindit, Ranai, Bunguran Timur.

“Tempat tinggal atau menginap tidak disediakan. Namun, ketika mereka (calon peserta) datang di tempat pelaksanaan , dari masuk sampai keluar gedung tanggung jawab kita,” ujarnya.



Kepala Puskesmas Ranai, Nazri, S.Kep, Ners.

Sayed Ridwan menegaskan, jika calon peserta memiliki Kartu Indonesia Sehat (KIS), setelah pelaksanaan terjadi pendarahan atau tidak sembuh-sembuh, maupun buka jahitan, maka pihak Puskesmas Ranai yang akan bertanggung jawab.

Ia berharap, masyarakat atau orang tua tidak menyia-nyiakan kesempatan ini untuk mendaftarkan anak-anaknya. Sebab selain tidak dipungut biaya, rencananya juga disediakan souvenir dan sagu hati untuk mereka.

“Saya berharap juga, Bupati  Natuna bisa hadir hari Sabtu nanti untuk membuka acara ini,” harapnya.

Sementara, Kepala Puskesmas Ranai, Nazri, S.Kep, Ners membenarkan bahwa jika terjadi pendarahan maupun hal lainnya kepada peserta setelah pelaksanaan, pihaknya yang akan bertanggung jawab.

“Ya betul, nanti tiga hari setalah pelaksanaan dikontrol Puskesmas. Jika terjadi apa-apa seperti pendarahan atau sebagainya, nanti bisa hubungi tim atau saya,” tegasnya, Sabtu 18 Juni 2022.

Nazri memastikan, pihaknya telah menyiapkan 10 orang Dokter dan 15 tenaga kesehatan lainnya.

“Jadi ada 25 tenaga yang kita siapkan,” pungkasnya.

Ia berhap kepada calon peserta untuk mempersiapkan diri dan mental.

“Jika mentalnya kuat, Insya Allah sakitnya hilang atau berkurang. Tetapi jika mental tidak kuat, walaupun tidak sakit terasa sakit,” paparnya.

Kepada pihak Baznas Kabupaten Natuna, ia berharap sunat massal gratis tersebut dapat diadakan setiap tahun.

“Kita menolong orang yang kurang mampu, karena sunat sekarang mahalkan,” tutupnya.

Sebagaimana diketahui, sunat massal gratis ini diadakan oleh Baznas Kabupaten Natuna program di bidang kesehatan, bekerjasama dengan Puskesmas Ranai. (KP).


Laporan : Johan