Peduli Soal Keumatan dan Pengembangan Daerah, ICMI Natuna Akan Bentuk Tim Kajian

oleh -122 views
Ketua ICMI Orda Natuna, H. Umar Natuna, S.Ag, M.Pd.I

NATUNA – Ketua Ikatan Cendekiawan Muslim se-Indonesia (ICMI) Organisasi Daerah (Orda) Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau, H. Umar Natuna, S.Ag, M.Pd.I mengatakan bahwa akan membentuk tim kajian dari kalangan sarjana-sarjana muda.

“ICMI itu basisnya adalah pengembangan intelektual dan melakukan proses transformasi sosial keumatan. Jadi basis intelektual itu bersumber pada data dan transformasi sosial. Karena yang kita bangun ini harus melalui kerangka pemikiran berdasarkan data-data empiris dan teoritis, maka diperlukan peneliti-peneliti untuk memperkuat pencapaian tujuan tersebut,” katanya kepada koranperbatasan.com, Sabtu 18 Juni 2022.

Umar menjelaskan, tim-tim kajian nantinya akan diberikan pembekalan berupa workshop atau fokus penelitiannya. Sebab, tim-tim peneliti akan melakukan kajian terhadap persoalan keumatan dan tentunya juga berkaitan dengan pengembangan daerah.

“Yang kita teliti inikan pengembangan, bagaimana mengembangkan pendidikan yang berkualitas di Natuna, pariwisata yang ramah dengan budaya, agama dan politik yang beradab, ekonomi-ekonomi yang berbasis lokal. Seperti itulah isu-isu penelitian yang akan kita kembangkan,” terangnya.

Kata Umar selain penelitian, ICMI juga mengadakan diskusi bulanan yang berangkat dari hasil-hasil kajian. Dalam diskusi, pihaknya juga melibatkan stakeholder-stakeholder terkait.

“Kita dalam kontek diskusi itukan pasti melibatkan stakeholder yang berkaitan atau berhubungan dengan itu. Punya relevansinya dengan itu, baik dia sebagai narasumber, informan atau subjek dari kajian kita,” ujarnya.

Umar berharap kepada stakeholder-stakeholder terkait nantinya bisa berkolaborasi dengan ICMI Orda Natuna, baik dalam kontek informasi-informasi yang diperlukan maupun sebagai narasumber pada kegiatan diskusi bulanan. Hal tersebut mengingat hasil penelitian yang didiskusikan, rencananya akan diterbitkan menjadi sebuah buku.



“Selajutnya, hasil penelitian kita publikasi jurnal dan kita terbitkan dalam bentuk buku,” paparnya.

Kepada para pengurus, Umar mengajak gunakan ICMI sebagai rumah untuk mengembangkan diri dan mentransformasikan ide-ide menguatkan umat serta pengembangan daerah.

“Akhir Juni ini, kita akan mendiskusikan bank sampah dalam perspektif ekonomi. Kemudian nanti juga akan diskusi tentang satu tahun kepemimpinan Wan Siswandi-Rodhial Huda, serta krisis lingkungan dalam perspektif agama-agama,” tutupnya. (KP).


Laporan : Johan