Ketua TP-PKK Provinsi Kepri, Hj. Dewi Kumalasari. Resmikan Pasar Mitra Tani

oleh -115 views

TANJUNGPINANG (KP)-Peresmian Pembukaan Pasar Mitra Tani Promosi Diversifikasi Pangan Lokal dan Pasar Tani, disejalankan dengan Penandatanganan Kesepakatan Kerjasama (MoU) antara TP PKK Provinsi Kepulauan Riau dengan Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Kesehatan Hewan, Rabu(31/3).

Penandatanganan ini merupakan tindak lanjut dari rapat koordinasi antara TP PKK Provinsi Kepulauan Riau dengan OPD-OPD di lingkungan Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau, guna mensinergikan program kerja pemberdayaan masyarakat.

Salah satu poin dari kerjasama itu adalah TP PKK Provinsi Kepulauan Riau nantinya memberikan pengarahan dan edukasi kepada kelompok petani yang dibina oleh Dinas KP2KH untuk mengolah produk pertanian mereka menjadi lebih baik lagi.

Kepada koranperbatasan.com Hj Dewi Kumalasari mengatakan, sangat berterima kasih dan mengapresiasi, dirinya berharap nantinya dapat bersinergi untuk bersama membangkitkan semangat para petani untuk bercocok tanam dan memanfaatkan lahan yang ada, untuk ditanami tanaman yang bermanfaat.

“Sekarang ini kita sedikit krisis pangan, jika punya lahan, ladang, disamping menanam padi, kita menghimbau agar difariasikan, misalnya menanam ubi,keledek dan lain-lain sebagai pengganti makanan pokok,”Ujarnya.



Di tambahkan Dewi bahwa PKK Provinsi akan terus memberikan pembinaan kepada kelompok usaha, ibu-ibu yang mempunyai produk bisa dikembangkan dan dapat diproduksi secara luas, dicontohkannya seperti produk yang berasal dari Toapaya, yang telah ada IRT, Halal, kemasan yang bagus juga sudah masuk ke supermarket.

Di singgung terkait Produk Kelompok Usaha yang masih menemui kendala dalam pengurusan IRT, Sertifikasi Halal dan Kemasan, Dewipun menjawab, bersama dinas terkait akan melakukan pendataan, memfasilitasi, sehingga persolan tersebut dapat diatasi.

“Insya Allah, kita akan mendata, memfasilitasi, bersama dinas terkait, agar masalah itu bisa di atasi, harapan saya dengan adanya pasar tani ini, hasil pertanian, ada wadahnya disini, pasarnya, ini bisa di infokan kemasyarakat lainya, karna tempat ini bukan pasar saingan tapi adalah wadah untuk petani, harganya juga murah.” Tutupnya (KP)


Laporan :Ependi



Memuat...