Kreativitas TTG Dalam Menemukan Teknologi Yang Bermanfaat

oleh -295 views

TANJUNGPINANG (KP)- Pemerintah Kota Tanjungpinang, melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat (DP3APM) Kota Tanjungpinang mengadakan kegiatan Lomba Inovasi Teknologi Tepat Guna (TTG) Tahun 2021 berbasis pemberdayaan masyarakat. Kegiatan diselenggarakan di Aula SMPN 4 Tanjungpinang, Kamis (8/4).

Walikota Tanjungpinang, Hj. Rahma, S.IP menyampaikan dalam sambutannya bahwa TTG merupakan pemanfaatan teknologi yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan dapat menjawab permasalahan masyarakat, dengan tidak merusak lingkungan serta dapat dimanfaatkan dan dipelihara oleh masyarakat secara mudah, dan menghasilkan nilai tambah dari aspek ekonomi dan lingkungan.

“Dengan program yang berbasis pemberdayaan masyarakat, akan menjadikan masyarakat semakin berdaya guna, mandiri dan secara swadaya mampu meningkatkan kualitas kehidupannya sehingga tingkat kemiskinan di Kota Tanjungpinang diharapkan dapat menurun dari waktu ke waktu.” Ucap Rahma.

Rahma juga menjelaskan bahwa lomba inovasi TTG dilaksanakan sebagai suatu langkah strategis dalam menyebarluaskan informasi berbagai jenis teknologi yang dapat memberikan nilai tambah kepada masyarakat. “Melalui lomba ini diharapkan masyarakat dapat memperoleh informasi yang cukup tentang teknologi yang dibutuhkan, dan dapat diterapkan sesuai dengan kegunaan dan kemampuannya. Dan saya juga berharap agar peserta lomba dapat berkompetisi dengan baik dan lebih termotivasi lagi untuk mengembangkan dan berkreativitas dalam menemukan teknologi yang bermanfaat bagi masyarakat.” Harap Rahma.

Kepala DP3APM Kota Tanjungpinang Rustam, SKM, M.Si menambahkan, tujuan kegiatan ini adalah untuk menumbuhkembangkan kreatifitas masyarakat dan pelajar dalam mengembangkan dan menerapkan teknologi tepat guna, serta meningkatkan kualitas daya saing teknologi tepat guna berbasis sumber daya lokal secara optimal. “Selanjutnya diharapkan setelah pelaksanaan kegiatan ini para peserta dapat mempromosikan hasil inovasi teknologi tepat guna kepada masyarakat dan dunia usaha atau industri”. Ujar Rustam.

Adapun peserta yang mengikuti lomba Inovasi Teknologi Tepat Guna berjumlah 8 peserta yang terdiri dari utusan Poltekkes Kemenkes Tanjungpinang, SMP D Green Camp, SMK Negeri 3, UMRAH, SMA Negeri 2, SMA Negeri 3, SMP Negeri 7 dan Kelurahan Kampung Bugis, dengan total 15 Tekhnologi Tepat Guna.

“Nantinya untuk juara 1 sampai 3 tingkat Kota Tanjungpinang akan diikutsertakan pada lomba inovasi TTG tingkat Provinsi Kepri. dan juara 1 lomba inovasi TTG tingkat Kota Tanjungpinang ini akan diikutsertakan pada gelar TTG nasional ke-22 tahun 2021 yang rencana dilaksanakan di provinsi Jawa Barat”, jelas Rustam.



Lebih lanjut Rustam menyampaikan, bagi pemenang juara I akan mendapatkan uang tunai sebesar 10jt rupiah, Juara II sebesar 7 Jt, dan 6 jt untuk Juara III. Dan bagi Juara Harapan I mendapatkan 5Jt, serta uang pembinaan Non Pemenang mendapat uang tunai 500rb untuk setiap Grup, dengan total hadiah keseluruhan sebesar Rp. 35.500.000 rupiah.(KP/Ependi)