Kunjungan Yapemal Lampung, Bupati Ingin Saling Berkontribusi Memajukan Daerah

oleh -255 views
Bupati Kabupaten Tanggamus, Hj. Dewi Handajani, menerima kunjungan Yapemal Lampung di Ruang Rapat Utama Sekretariat Daerah, Senin, 11 Oktober 2021

TANGGAMUS – Bupati Kabupaten Tanggamus, Hj. Dewi Handajani, menerima kunjungan Yayasan Pemberdayaan Masyarakat Adat Lampung (Yapemal) Provinsi Lampung, di Ruang Rapat Utama Sekretariat Daerah, Senin, 11 Oktober 2021.

Turut mendampingi Bupati saat itu, Asisten Bidang Ekobang, Sukisno, Kadis Pariwisata, Retno Noviana Damayanti, Kepala Kantor Kesbangpol Firman Rani, dan Kabag Kerjasama, Maryani.

Sementara dari Yapemal Provinsi Lampung, hadir Ketua Umum Yapemal Provinsi Lampung Prof. Dr. Hi. Wan Abbas Zakaria, M.Si, beserta jajarannya.

Pada kesempatan itu, Bupati Hj. Dewi Handajani, menyampaikan ucapan selamat datang dan terima kasih atas kunjungan Yapemal Lampung ke Kabupaten Tanggamus dalam rangka silaturahmi dan audiensi terkait program Yapemal Lampung.

Bupati menyatakan akan mendukung program Yapemal Lampung, khususnya dalam pengembangan desa wisata berbasis budaya di Kabupaten Tanggamus.

“Bagaimana kedepan masyarakat terlibat dalam mengembangkan adat budaya Lampung, sehingga  menjadi semangat dan motivasi kami kedepan,” ujar Bupati.

Bupati Kabupaten Tanggamus, Hj. Dewi Handajani dan Ketua Umum Yapemal Provinsi Lampung Prof. Dr. Hi. Wan Abbas Zakaria, M.Si serah terima cenderamata

Bupati juga berharap orang Lampung yang berada di luar daerah bisa bersatu dan bekerjasama dengan Yapemal, sehingga memiliki program yang fokus untuk dikembangkan.



“Intinya dari silaturahmi ini, membangkitkan kita sebagai masyarakat Lampung untuk siap mensupport dan mendukung dalam berkontribusi dan memajukan anak-anak kita yang berasal dari suku Lampung serta menciptakan sumber daya manusia yang lebih baik kedepan,” pungkas Bupati.

Sementara itu, Wan Abbas Zakaria, menyatakan bahwa Yapemal siap bersinergi dan membantu pemerintah dalam mensukseskan pembangunan.

“Visi kami masyarakat adat Lampung bermanfaat untuk orang banyak. Bagaimana SDM bisa beradaptasi, karena itu mengedepankan pengembangan. Tujuannya bagaimana kedepan pemberdayaan masyarakat Lampung untuk memajukan Kabupaten Tanggamus tercapai,” kata Wan Abas.

Wan Abas menambahkan, Yapemal juga mengembangkan beberapa komoditas, seperti, gula, kopi dan ternak.

“Bagaimana kopi bisa dikembangan oleh ulun (orang) Lampung, termasuk bidang ekonomi bagaimana kopi Lampung (berkembang). Bidang ternak bagaimana sapi Lampung untuk dikembangkan,” pungkasnya.

Kegiatan diakhiri dengan penyerahan cindera mata dari Bupati Tanggamus kepada Ketua Umum Yapemal Lampung begitu juga sebaliknya dari Yapemal kepada Pemkab Tanggamus. (KP).


Laporan : Arzal