Dinkes Ajak Terapkan Pola Hidup Sehat Melalui Germas

oleh -314 views
Hikmat Aliansyah, S.Km Kadinkes Natuna

NATUNA (KP) – Pengertian Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) sesuai dengan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 1 Tahun 2017 adalah suatu tindakan yang sistematis atau terencana yang dapat dilakukan secara bersama-sama atas dasar kesadaran, kemauan dan kemampuan dalam berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup.

Terdapat tujuh indikator untuk mewujudkan Germas seperti meningkatkan edukasi hidup sehat, peningkatan kualitas lingkungan, peningkatan pencegahan dan deteksi dini penyakit, penyediaan pangan sehat, percepatan perbaikan gizi, peningkatan perilaku hidup sehat dan peningkatan aktivitas fisik.

Berhubungan hal tersebut, Kepala Dinas Kesehatan, Kabupaten Natuna, Provinsi Kepri, Hikmat Aliansyah, S.Km, mengajak peran aktif seluruh unsur masyarakat dalam mendukung gerakan masyarakat hidup sehat untuk mewujudkan masyarakat yang sehat dan bugar.

“Kami mengajak para Aparatur Sipil Negara (ASN) dan seluruh masyarakat disemua kalangan untuk bersama-sama mewujudkan masyarakat yang sehat melalui Germas ini,” sebut Hikmat, kepada koranperbatasan.com, Minggu, 11 April 2021.

Menurut Hikmat, keterlibatan masyarakat sangat diperlukan sebagai alat pendukung pemerintah meningkatkan derajat kesehatan masyarakat terutama dalam mengimplementasikan Germas.

“Selain derajat kesehatan meningkat, kesejahteraan berpengaruh, seiring meningkatnya kualitas hidup masyarakat dimasa yang akan datang,” ujarnya.

Hikmat juga menambahkan pola hidup yang terkandung dalam Germas kedepan akan melahirkan generasi muda yang sehat, tangguh, dan berkualitas. (KP).




Laporan : Boy Iqbal