Ketersedian Pangan di Natuna Cukup, Firdaus : Kualitas Cabe Lokal Jauh Lebih Baik

oleh -320 views
Drs. Firdaus, Sekretaris Dinas Ketahanan Pangan Natuna

NATUNA (KP) – Sekretaris Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau, Drs. Firdaus mengatakan awal Ramadhan 1442 Hijriyah 2021 Masehi ketersedian stok pangan di Natuna cukup dan stabil.

Menurut Firdaus, ketersediaan pangan yang stabil bisa dilihat dari murahnya harga jual cabe diawal Ramadhan tahun ini.

”Kalau ketersedian pangan seperti cabe merah cabe rawit itu cendrung stabil dengan harga Rp 40 – 50 ribu perkilonya. Hanya saja untuk yang tidak tersedia di Natuna seperti kol dan wortel karena itu didatangkan dari luar,” ujarnya kepada koranperbatasan.com di ruang dinasnya, Selasa 13 April 2021.

Kata Firdaus, jika terjadi ketidakstabilan pada harga cabe mungkin dikarenakan adanya pola tanam serentak yang dilakukan oleh para petani di Natuna.

“Jadi waktu tanam cabe itu, semuanya tanam cabe makanya harga jadi tidak stabil seperti saat ini harganya murah bahkan sangat murah, memang ada waktunya cabe itu harganya tiba-tiba jadi mahal,” pungkasnya.

Firdaus menjelaskan, kualitas cabe di Natuna juga tidak kalah dengan cabe-cabe yang didatangkan dari luar daerah.

“Malahan lebih bagus yang kita punya, karena cabe kita dijual dalam keadaan yang betul-betul masih segar,” ungkapnya.



Firdaus berharap masyarakat khususnya para petani di Natuna bisa melihat permasalahan ini dan segera memperbaiki pola tanamnya masing-masing.

“Saya berharap petani bisa memperbaiki pola tanamnya agar tidak terjadi seperti ini waktu turun sangat turun sekali harganya, sekali naik naik sekali harganya kan pernah ada harga cabe yang sampai 100 lebih,” tutupnya. (KP).


Laporan : Sandi Kurniawan