Masa Pandemi Lima Produk Unggulan Natuna Sulit Berkembang

oleh -390 views

NATUNA – Kepala Bidang Koperasi dan Usaha Mikro, Dinas Perindustrian Perdagangan, Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau, Bina Sopaniar, SE mengatakan terdapat lima produk unggulan pada sektor UMKM di Natuna.

Adapun dari lima produk unggulan tersebut Kerupuk Atom, Ikan Salai, Kernas, Pedek, dan Tikar Pandan.

“Kelima ini merupakan Produk Unggulan Daerah (PUD) Natuna yang telah di SK-kan pada tahun 2016 lalu,” sebutnya kepada koranperbatasan.com di ruang dinasnya, Senin 21 Juni 2021.

Katanya, untuk meningkatkan daya jual dari lima produk unggulan itu telah dilakukan berbagai upaya oleh pemerintah daerah melalui Disperindagseperti memberikan pelatihan-pelatihan kepada pelaku UMKM.

“Pelatihan-pelatihan ini bertujuan agar pelaku UMKM memiliki daya saing yang lebih kuat dengan memperhatikan kemasan, logo, komposisi, mutu serta kehalalannya. Namun di masa pademi Covid 19 ini, kita tidak bisa mengadakannya karena keterbatasan anggaran,” imbuhnya.

Menurut Bina, ada beberapa kendala yang sering dihadapi terutama dalam pemasaran karena ketersediaan produk yang masih belum memadai serta mahalnya ongkos pengiriman keluar daerah.

“Terkadang ada orang luar baik itu dalam maupun luar negeri, ketika ingin order dalam jumlah produksi banyak itu kita tidak mampu karena kurangnya ketersediaan bahan baku, selama ini pelaku UMKM memasarkan keluar daerah itu degan cara menitipkan kepada keluarga yang akan berangkat, kalau pakai online kita berat di ongkir,” tutupnya. (KP).




Laporan : Johan – Hairil