Kapolda Sumsel: Kami Tidak Anti Kritik, Jika Ada Anggota yang Nakal Akan Kita Tindak

oleh -138 views
Kapolda Sumsel Irjen Pol Prof Eko Indra Heri, bersama awak media di Lapangan GOR Jakabaring Palembang

PALEMBANG – Pasca Peraturan Gunernur (Pergub) Sumsel soal penerapan ganjil genap untuk kendaraan roda empat terbit, Polda Sumatera Selatan langsung bergerak, mereka terlihat segera menerapkan pengaturan lalulintas tersebut.

Kapolda Sumsel, Irjen Pol Prof Eko Indra Heri, pada Jumat 02 Juli 2021 usai kegiatan gathering bersama awak media di Gor Dempo Jakabaring, menjamin aturan tersebut untuk mengedukasi masyarakat dalam penanganan Covid 19 di Sumsel.

“Kemarin saya baru menerima dari Pak Gubernur, beliau sebagai Kasatgas Provinsi, hari ini kita akan sosialiasi untuk penerapannya, di kota serta merta, itu hanya untuk membantu penanganan Covid-19, intinya kita membantu mengedukasi masyarakat,” ujar Kapolda.

Untuk saat ini menurut Kapolda, Kota Palembang dan Kabupaten Muara Enim Zona Merah Covid 19 di Sumsel. Untuk Palembang ada 4 ruas jalan yang diberlakukan aturan penerapan tersebut, yakni  Kapten A Rivai, Jalan POM IX, Jalan Angkatan 45 dan Jalan Merdeka.

“Aturan tersebut berlaku untuk semua wilayah Sumsel, namun Pak Gubernur baru memberlakukan untuk Palembang. Untuk daerah lainnya, kepala daerah dapat menyesuaikan dengan tempatnya masing-masing bersama Forkompimdanya,” jelas Kapolda.

Kapolda juga mengakui masyarakat juga perlu meningkatkan perekonomian. “Kalau sudah situasi saat ini, Sumsel perlu menarik rem darurat tapi kalau situasi santai kita harus gas dengan hati-hati karena ekonomi harus tetap diingatkan untuk perekonomian masyarakat,” tutupnya.

Olahraga Bersama



Saat itu, jajaran Polda Sumsel dipimpin langsung Kapolda mengikuti olahraga bersama insan pers di Sumsel.  Awak media yang tergabung dalam organisasi profesi PWI, IWO, dan organisasi perusahaan pers seperti SPS, JMSI dan SMSI berbaur bersama. Tangkai olahraga favorit yang dimainkan badminton dan tenis meja.

Sebelumnya, pagi Jumat olahraga pembuka yakni senam bersama di Halaman GOR Dempo Jakabaring. Tampak Kapolda dan Wakapolda beserta jajaran berbaur dengan para wartawan. Usai senam, acara seremonial pembukaan pertandingan olahraga.

Dalam sambutannya Kapolda memberikan apreasi yang tinggi kepada insan pers di Sumsel atas kinerja mereka selama ini.

“Saya mengapreasi atas kinerja rekan rekan wartawan yang telah membantu tugas pokok kita (Kepolisian-red) dalam menjaga kamtibmas yang kondusif, alhamdulillah kita Sumsel hingga saat ini tetap zero konflik, meski masyarakatnya majemuk, ini tidak lepas dari kerja rekan-rekan wartawan yang membantu membuat berita yang menyejukkan,” sebutnya.

Kapolda juga meminta maaf kepada masyarakat Sumsel tentu dalam melaksanakan tugasnya kepolisian masih banyak kekurangan dan kelemahan, dan ini menjadi tugas mereka kedepan untuk memperbaiki agar bisa menampilkan pelayanan terbaik untuk masyarakat.

“Saya sering mendapat informasi soal anak buah saya di lapangan yang masih ada berbuat melanggar aturan dan norma etika kepolisian, dan informasi tersebut semua akurat baik dari masyarakat maupun rekan wartawan. Saya pesankan silakan kritik kita. Kami tidak anti kritik, tentu disampaikan dengan cara yang baik dan benar. Jika ada anggota kita yang nakal akan kita tindak melalui Bidang Propam. Sudah banyak anggota kita yang kita ambil tindakan,” tegas Kapolda.

Pada ajang media gathering wartawan dan jajaran Polda Sumsel ini berbagai hadiah menarik seperti sepeda, kulkas, kompor gas, kipas angin, dispenser dan hadiah doorprize lainnya.

“Alhamdulillah, dapat juga, tidak sia-sia pulang sore kemarin,” teriak Dendi Romi, wartawan Sumeks.co yang mendapatkan hadiah kulkas setelah nomor undiannya disebutkan Kapolda.

Sigit yang datang jauh-jauh dari Muara Enim (wartawan Enim Ekspres-Sumeks Grup) juga tak ketinggalan. Dengan wajah sumringah dia mengambil kompor gas setelah nomor undiannya keluar.

“Padahal saya ngincar sepeda, tetapi alhamdulillah dapat hadiah ini (kompor gas-red), tidak sia-sia datang jauh-jauh dari Muara Enim. Bagus acara ini dan jika perlu diadakan secara berkala,” ujar Sigit sembari menunjukkan kotak berisi kompor gas. (KP).


Laporan : Syahril