Kesadaran Masyarakat Menjaga Ekosistem Lamun

oleh -186 views
MHD Iqbal Rizky Pratama

LAMUN Seagrass adalah tumbuhan berbunga yang dapat tumbuh dengan baik dalam lingkungan laut dangkal. Semua lamun adalah tumbuhan berbiji satu yang mempunyai akar, rimpang, daun, bunga dan buah seperti halnya dengan tumbuhan berpembuluh yang tumbuh di darat. Jadi sangat berbeda dengan rumput laut.

Ekosistem lamun merupakan salah satu ekosistem laut yang berperan penting sebagai tempat mencari makan, tempat pemijahan dan daerah asuhan berbagai jenis biota. Dewasa ini ekosistem lamun terus menerus mendapatkan tekanan yang mengancam kelestariannya (Bengen, 2004).

Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia atau LIPI melaporkan kondisi padang lamun yang berada di Indonesia tergolong kurang sehat akibat dari aktivitas manusia yang merusak lingkungan padang lamun.

“Secara umum persentase tutupan lamun di Indonesia adalah 42,23 persen,” kata peneliti padang lamun Nurul Dhewani Mirah Sjafrie.

Masyarakat umumnya menganggap lamun sama dengan seperti tumbuhan liar yang hidup di daratan. Karena pemahaman tersebut lamun dianggap sebagai tanaman pengganggu yang mengurangi keindahan bawah laut yang mana menjadi komoditi pariwisata.

Namun sebenarnya lamun merupakan bagian penting dari laut yang berperan terhadap produktivitas perairan, tempat asuhan ikan-ikan, tempat mencari makanan serta tempat pemijahan berbagai jenis biota laut.



Karena rendahnya pemahaman masyrakat maka lamun dipandang sebelah mata, bahkan sangat banyak dijumpai kegiatan masyarakat yang mengancam kelestarian lamun contohnya menggunakan pukat dasar yang tidak spesifik untuk menangkap ikan malah turut menjaring lamun kemudian kegiatan pengerukan pantai dan lalu lintas kapal.

Maka kedepannya diharapkan masyarakat agar lebih peduli dengan lamun dan pemerintah seharusnya ikut turut serta dalam sosialisasi untuk menjaga ekosistem lamun agar masyarakat paham betapa pentingnya menjaga lingkungan sekitar.


MHD Iqbal Rizky Pratama

Mahasiswa Universitas Maritim Raja Ali Haji Ilmu Kelautan