Pengerjaan Lapen Jalan Terkesan Asal-asalan, Pengelola Proyek Irit Bicara

oleh -867 views
Kondisi-memprihatinkan-lapisan-penetrasi-badan-jalan-Desa-Gunung-Keramat-Kecamatan-Abung-Semuli-Kabupaten-Lampung-Utara.-Proyek-pembangunan-Lapen-badan-jalan-ini-diduga-asal-jadi

LAMPUNG UTARA (KP), – Lapisan penetrasi (Lapen) bangunan jalan di Desa Gunung Keramat, Kecamatan Abung Semuli, Kabupaten Lampung Utara tidak sesuai dengan Rencana Anggaran Biaya (RAB) yang ditentukan pemerintah. Tim Media yang meninjau langsung ke lokasi pembangunan jalan tersebut menemukan banyak kejanggalan yang mengindikasikan tidak sesuainya pengerjaan dengan RAB atau bisa disebut asal-asalan.

Untuk memastikan, media mencoba untuk melakukan konfirmasi dengan anggota Tim Pengelola Kegiatan (TPK) Bapak Pirman (11/9). Namun belum begitu lama, Pak Sapto selaku Penanggung Jawab (PJ) proyek pembangunan lapisan penetrasi bangunan jalan pun datang. Pak Sapto pun mengatakan bahwa proyek pembangunan lapisan penetrasi ini dikelolanya bersama dengan TPK. Namun sangat disayangkan, belum selesai tim dari media melakukan konfirmasi, mereka pun meninggalkan lokasi satu persatu dengan berbagai alasan.

Lapisan penetrasi ini diduga asal jadi, dengan lebar badan jalan 2,5 meter dan panjang jalan 550 meter, yang dalam pengerjaannya hanya menggunakan aspal sebanyak 11 drum, padahal kebutuhan aspal seharusnya melebihi angka tersebut. Berbagai macam meterial pun tidak cukup terlihat seperti halnya kondisi batu yang sangat tipis.

Bahkan lebih parah nya lagi proyek ini tidak disertakan dengan papan anggaran dan di Kantor Desa pun APBDes terlihat tidak transparan. Sehingga wajar saja bila hal itu menimbulkan kecurigaan ditengah masyarakat. Padahal berdasarkan pada peraturan pemerintah, untuk setiap pengelolaan anggaran baik itu APBN, APBD dan Dana Desa sekalipun harus jelas serta transparan. (KP).




Editor : Muhammad Faisal

Pewarta : Hepi Suhara



Memuat...